TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Batam, Begini Kronologinya

Ari Sandita Murti ยท Minggu, 28 Maret 2021 - 20:38:00 WIB
TNI AL Gagalkan Penyelundupan Rokok Ilegal di Batam, Begini Kronologinya
TNI AL gagalkan penyelundupan rokok ilegal di Batam. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - KRI Alamang-644 di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Keamanan Laut (Guskamla) I Koarmada I melaksanakan pemeriksaan dan menangkap kapal motor KM Karya Sampurna di Perairan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau pada Sabtu (27/3/2021). Kapal ini sudah diawasi jajaran Guskamla I selama tiga hari saat melaksanakan loading barang-barang yang mencurigakan.

Kapal kargo kayu yang dinahkodai Mus Mulyadi dengan anak buah kapal (ABK) delapan orang itu bermuatan rokok sebanyak 1.673 bal tanpa cukai. Mereka menerima muatan di Pelabuhan Batu Ampar dari kontainer asal Jurong, Singapura. Seharusnya KM Karya Sampurna berlayar ke Songkhla, Thailand. 

Kecurigaan timbul dari dokumen yang ditemukan di mana ada indikasi palsu. Tidak ditemukan dokumen keimigrasian ke Thailand serta jumlah bahan bakar yang tidak memungkinkan cukup untuk berlayar ke Thailand. Setelah diambil keterangan lebih detail, nakhoda menyampaikan sebenarnya kapal akan berlayar menuju Tanjung Berakit untuk memindahkan rokok tersebut ke kapal penampung lainnya. 

Pangkoarmada I, Laksda TNI A Rasyid menyampaikan ini merupakan modus baru kejahatan lama. Sebelumnya kapal-kapal menyelundupkan rokok dari Pelabuhan Jurong, Singapura dengan kapal motor dan overship ke HSC (High Speed Craft) di OPL dan sekarang mengelabui masuk menggunakan kontainer dengan dokumen palsu seolah-olah akan dibawa ke luar negeri. 

"Dan Batam hanya sebagai pelabuhan transit saja. Rencananya, setelah memindahkan muatannya di Tanjung Berakit, barang-barang tersebut dibawa ke HSC untuk disebarkan di sejumlah tempat di Indonesia," ucapnya, Minggu (28/3/2021).

Editor : Rizal Bomantama

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: