Transgender Harus Gunakan Nama Asli di e-KTP, Dirjen Dukcapil: Bukan Sujono Alias Jenny

Dita Angga · Minggu, 25 April 2021 - 15:32:00 WIB
Transgender Harus Gunakan Nama Asli di e-KTP, Dirjen Dukcapil: Bukan Sujono Alias Jenny
Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrullah. (Foto: iNews/Felldy Utama)

JAKARTA, iNews.id - Ditjen Dukcapil Kemendagri melakukan audiensi dengan perkumpulan transgender terkait dengan pelayanan administrasi kependudukan. Pasalnya masih banyak transgender yang belum mendapatkan dokumen kependudukan seperti e-KTP dan lain-lain.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah mengatakan bahwa tidak ada kolom jenis kelamin transgender dalam e-KTP. Menurutnya jenis kelamin transgender akan dicantumkan sebagaimana status yang tercatat.

"Kalau dia laki-laki, ya, dicatat sebagai laki-laki, kalau dia perempuan juga dicatat sebagai perempuan. Dicatat sesuai jenis kelamin yang aslinya,” katanya dalam keterangan resminya, Minggu (25/4/2021).

“Kecuali buat mereka yang sudah ditetapkan oleh pengadilan untuk adanya perubahan jenis kelamin. Dalam kasus yang berbeda, perubahan jenis kelamin seperti yang terjadi dengan Serda TNI AD Aprilio Perkasa Manganang," lanjutnya.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2