Tsunami Selat Sunda Terjang Banten dan Lampung, Ma'ruf Amin Prihatin

Aditya Pratama ยท Minggu, 23 Desember 2018 - 13:16 WIB
Tsunami Selat Sunda Terjang Banten dan Lampung, Ma'ruf Amin Prihatin

KH Ma'ruf Amin. (Foto: iNews.id/Dok.)

JAKARTA, iNews.id – Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin turut menyampaikan duka cita atas peristiwa tsunami yang terjadi di Selat Sunda dan menerjang Provinsi Lampung dan Banten. Mantan rais aam PBNU itu pun berharap para keluarga korban senantiasa diberikan ketabahan.

“Atas bencana tsunami yang menimpa daerah Banten, khususnya Anyer, Serang, Pandeglang, dan Lampung, kami mengucapkan sangat prihatin. Saya mendoakan, semoga musibah yang menimpa ini membuat masyarakat Banten dan Lampung tidak berputus asa, tapi tetap sabar dan penuh harapan,” ungkap Ma’ruf, Minggu (23/12/2018).

Dia mengaku bersedih dengan adanya musibah yang melanda masyarakat Banten yang notabene adalah kampung halamannya. Secara silsilah, Ma’ruf adalah cicit Syekh Nawawi al-Bantani, ulama kondang yang menjadi imam di Masjid al-Haram. Dengan begitu, Kiai Ma’ruf memiliki ikatan yang kuat secara emosional dengan Banten.

Dia juga mengucapkan terima masih kepada Aksi Santri Tanggap Bencana (Astana), yang sudah terjun ke Anyer untuk membantu korban tsunami di sana. Ma’ruf pun menyerukan agar masyarakat bergotong royong dan mengutamakan solidaritas, dengan segera memberi bantuan kepada para korban maupun pengungsi akibat bencana itu.

“Kita harapkan kepada masyarakat. Mari kita bantu saudara kira yang terkena musibah bencana tsunami di Anyer, Serang, Pandeglang dan Lampung,” ucapnya.

Tsunami terjadi di Selat Sunda, termasuk menerjang Provinsi Banten dan Lampung, Sabtu (22/12/2018) malam. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, sampai dengan pukul 10.00 WIB, terdapat 62 orang meninggal dunia, 584 orang mengalami luka-luka, 20 orang hilang, 430 rumah rusak berat, sembilan hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat akibat bencana itu.

Editor : Ahmad Islamy Jamil