Ucapkan Selamat Nyepi, Hasto Sebut Toleransi Beragama

Antara ยท Kamis, 07 Maret 2019 - 16:05 WIB
Ucapkan Selamat Nyepi, Hasto Sebut Toleransi Beragama

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).

ACEH BARAT DAYA, iNews.id - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengucapkan selamat Hari Raya Nyepi 2019. Hari raya tersebut dinilai sebagai proses menyucikan seluruh kehidupan di alam raya melalui catur brata penyepian.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Nyepi mengandung pengertian harafiah sunyi, senyap. Nyepi bagi umat Hindu memiliki makna suatu proses spiritual menghentikan seluruh aktivitas kehidupan melalui catur brata.

"Tindakan ini sangat tidak manusiawi. Hari Nyepi seharusnya diisi dengan hal-hal yang penuh kebaikan," ujar Hasto di sela-sela safari politiknya di Aceh, Kamis (7/3/2019).

Dia menuturkan, Nyepi sangat relevan di tengah situasi politik nasional saat ini yang masih diwarnai adanya informasi hoaks, dan fitnah. Baginya, perayaan Nyepi merupakan cermin bagaimana Indonesia menjamin kemerdekaan tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaannya itu.

BACA JUGA:

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Hari Raya Nyepi

Terima Pengurus PHDI, Presiden Jokowi Terima Laporan Persiapan Nyepi

Menurutnya, peringatan Nyepi tersebut diharapkan Indonesia terus memperkuat kehidupan spiritualnya, agar melahirkan kebahagiaan sejati, kebahagiaan lahir dan batin dalam kehidupan berbangsa yang begitu majemuk.

"Nyepi adalah gambaran nyata pembumian sila Ketuhanan Yang Maha Esa, yang dijalankan dengan cara yang berkebudayaan, penuh toleransi dan tiadanya egoisme dalam kehidupan beragama," katanya.


Editor : Kurnia Illahi