UI Rancang Pusat Belajar dan Laboratorium Kecerdasan Buatan

Ilma De Sabrini ยท Kamis, 05 September 2019 - 07:00 WIB
UI Rancang Pusat Belajar dan Laboratorium Kecerdasan Buatan

Universitas Indonesia dan UMG Idealab menjalin kerja sama untuk membangun laboratorium kecerdasan buatan si UI. (Foto: ilustrasi/istimewa).

DEPOK, iNews.id - Universitas Indonesia (UI) berencana membangun pusat belajar dan laboratorium yang dikhususkan untuk mempelajari dan mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Pusat belajar dan laboratorium ini akan dinamakan “AI Learning and Inovation Center”.

UI menyatakan, pusat belajar dan laboratorium AI ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana penelitian oleh dosen dan mahasiswa UI. Tidak hanya itu, siswa dari jenjang SD, SMP, SMA dan mahasiswa di luar UI juga dapat menggunakan.

Rencana pembangunan pusat belajar dan laboratorium AI ini merupakan kerja sama UI dan UMG Idealab Indonesia di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terkait AI dan Sains Terapan.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) yang dilakukan oleh Rektor UI Muhammad Anis dan CEO UMG Idealab Indonesia Kiwi Aliwarga di Gedung Dekanat FMIPA UI Depok, Jawa Barat, pada Rabu (4/9/2019).

”Saat ini teknologi kecerdasan buatan sudah memegang peranan penting dalam pengembangan inovasi masa depan. AI dipercaya dapat membantu manusia dalam berbagai macam hal,” bunyi pernyataan UI dalam keterangan tertulis, Rabu (4/9/2019).

AI merupakan salah satu teknologi yang dapat mengubah sejarah manusia secara keseluruhan, terutama tentang otomatisasi dan pengolahan data yang masif. Teknologi ini juga terus dikembangkan oleh berbagai negara di dunia terutama negara-negara maju.

Adapun UMG Idealab merupakan perusahaan modal ventura yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis startup untuk membangun bangsa. Beberapa bisnis rintisan yang sudah berhasil dikembangkan antara lain Botika, Prosehat, Perawatku, Autoconz dan Aruna.


Editor : Zen Teguh