Ungguli Quick Count, Jokowi Ajak Pendukung Tunggu Penghitungan KPU

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 17 April 2019 - 17:49 WIB
Ungguli Quick Count, Jokowi Ajak Pendukung Tunggu Penghitungan KPU

Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin didampingi sejumlah pimpinan parpol pendukung melambaikan tangan usai memberikan keterangan terkait Pilpres 2019 di Jakarta, Rabu (17/4/2019). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

JAKARTA, iNews.id – Pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma’ruf Amin unggul sementara dalam quick count atau hitung cepat sejumlah lembaga survei. Namun, Jokowi meminta para pendukung dan relawan untuk bersabar menunggu hasil penghitungan suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita harus bersabar menunggu penghitungan suara dari KPU secara resmi,” ujar Jokowi usai memantau proses penghitungan suara di Gedung Djakarta Theater, Jalan KH Wahid Hasyim Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019).

BACA JUGA:

Pemilu Berjalan Jujur dan Adil, Jokowi Berterima Kasih

Jokowi-Ma'ruf Unggul Sementara di Quick Count Sejumlah Lembaga Survei

Sementara Capres Prabowo Subianto sebelumnya meminta kepada para pendukungnya tidak terprovokasi dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei yang memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

Dia menilai hasil quick count dari sejumlah lembaga survei tersebut sengaja diciptakan untuk menggiring opini publik. Para pendukung diminta jangan bertindak yang bisa merugikan semua pihak.

“Jangan terpancing dan saya minta amankan C1. Kepada para pendukung saya agak tetap tenang tidak terpancing berbuat aksi anarkis,” ujar Prabowo di Jalan Kertanegara, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Diketahui, Jokowi–Ma’ruf sementara unggul atas pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei. Jokowi mendapatkan suara rata-rata di atas 50 persen.

Di tiga lembaga survei yang bekerja sama dengan iNews.id, Jokowi-Ma'ruf sejauh ini unggul telak. Berdasarkan quick count lembaga survei Indikator Politik Indonesia, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 54,31 persen, sementara Prabowo-Sandi 45,69 persen. Suara masuk 82,09 persen hingga pukul 176.45 WIB.

Sementara itu berdasarkan quick count Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Jokowi-Ma’ruf memperoleh 55,35 persen dan Prabowo-Sandi 44,65 persen. Suara masuk mencapai 92,70 persen.

Kemenangan sementara Jokowi-Ma’ruf juga terlihat berdasarkan hitung cepat Voxpol Center dengan perolehan 57,71 persen. Adapun Prabowo-Sandi 42,29 persen. Suara masuk 79 persen.


Editor : Maria Christina