Uni Eropa Ucapkan Selamat kepada Presiden Jokowi

Antara ยท Sabtu, 25 Mei 2019 - 07:20 WIB
Uni Eropa Ucapkan Selamat kepada Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara di Istana Negara, Jakarta, beberapa waktu lalu. (Foto: Antara/Puspa Perwitasari).

LONDON, iNews.id, - Uni Eropa, organisasi supranasional yang beranggotakan 28 negara di Eropa, menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo atas terpilihnya kembali sebagai Presiden RI periode 2019 - 2024. UE berharap kerja sama antara Indonesia dengan organisasi ini dapat berjalan semakin baik.

Ucapan selamat itu disampaikan melalui Surat Bersama dari Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker di tengah perhelatan pemilu UE yang berlangsung pada 23-26 Mei 2019 di semua negara anggota UE.

”Dalam Surat Bersama tersebut, UE menekankan pentingnya Indonesia bagi UE sebagai mitra utama dalam bidang politik, ekonomi dan perdagangan,” ujar Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Brusel, Dara Yusilawati, Sabtu (25/5/2019).

BACA JUGA: PM Malaysia Mahathir Mohammad Sampaikan Selamat atas Kemenangan Jokowi

Sebagai negara dan organisasi demokrasi terbesar di dunia, UE berkeinginan untuk terus memperluas kemitraannya dengan Indonesia, termasuk melanjutkan pembahasan Comprehensive Economic Partnership Agreementi (CEPA) antara UE dan Indonesia sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua negara.

Ditegaskan pula keinginan UE untuk terus bermitra dan berkolaborasi dengan Indonesia baik secara bilateral maupun melalui mekanisme regional dan multilateral, termasuk melalui ASEAN, ASEM, G20, dan PBB.

Surat Bersama dari UE diterima KBRI Brussels pada 24 Mei dan disampaikan langsung kepada Presiden Jokowi, presiden terpilih Indonesia untuk periode 2019-2024.

Sebelumnya sejumlah kepala negara dan pemimpin pemerintahan di dunia telah mengucapkan selamat kepada Jokowi. Mereka antara lain Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohammad, dan PM India Narendra Modi.

Trump melalui suratnya menyebut Indonesia telah melalui proses transformasi demokrasi luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi bangsa lain.

Presiden AS ke-45 itu juga menegaskan kembali komitmennya untuk memperkuat hubungan bilateral kedua negara.

"Saya ucapkan selamat kepada Anda dan rakyat Indonesia atas pelaksanaan Pemilu yang berlangsung bebas, adil, dan damai, serta untuk pertama kalinya, pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan pada saat bersamaan," kata Trump, mengawali suratnya, dalam siaran pers KBRI di Washington, Rabu (22/5/2019).


Editor : Zen Teguh