Usai Diperiksa 11 Jam, Habib Bahar Tinggalkan Bareskrim Polri

Felldy Utama ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 00:36 WIB
Usai Diperiksa 11 Jam, Habib Bahar Tinggalkan Bareskrim Polri

Habib Bahar bin Smith menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. (Foto: Okezone).

JAKARTA, iNews.id - Habib Bahar bin Smith diperiksa Bareskrim Polri selama 11 jam. Dia diperiksa terkait kasus dugaan penghinaan terhadap kepala negara.

Usai diperiksa Habib Bahar langsung meninggalkan Bareskrim. Penahanan tidak dilakukan karena Bareskrim menilai Habib Bahar kooperatif menjalani proses hukum.

"Mungkin penyidik yakini tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti. Itu bisa ditanyakan kepada penyidik," ujar kuasa hukum Habib Bahar, Aziz Yanuar di Bareskrim Polri, Jakarta, Kamis (6/12/2018) malam.

Selama pemeriksaan, kliennya mendapatkan 29 pertanyaan dari penyidik Bareskrim. Pertanyaan lebih banyak terhadap isi ceramah Habib Bahar.

BACA JUGA:

Bareskrim Tetapkan Habib Bahar Tersangka Penghinaan Kepala Negara

Habib Bahar: Lebih Baik Saya Membusuk di dalam Penjara

"Ya terkait masalah pribadi ceramah-ceramahnya yang di Palembang. Terus bagaimana beliau melatarbelakangi sebelum ceramah itu apa, sumber-sumbernya, kitab-kitabnya apa," ucapnya.

Meskipun tidak ditahan Bareskrim sudah menetapkan kliennya sebagai tersangka. "Alhamdulillah belum (ditahan)," katanya.

Habib Bahar Bin Smith dijerat melanggar Pasal 16  juncto Pasal 4 huruf (a) ke-2 Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2018 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Pasal 45 Juncto 28 ayat (2) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan Pasal 207 KUHP.


Editor : Kurnia Illahi