Video Viral Bendera Merah Putih Digunting Emak-emak, Polri: 3 Saksi Diperiksa

Muhamad Rizky ยท Rabu, 16 September 2020 - 17:40 WIB
Video Viral Bendera Merah Putih Digunting Emak-emak, Polri: 3 Saksi Diperiksa

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Video emak-emak menggunting bendera Merah Putih viral di media sosial (medsos) Instagram. Video yang diunggah fakta.indo itu memperlihatkan salah satu dari emak tersebut memegang gunting dan memotong-motong bendera Merah Putih.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi di wilayah Sumedang, Jawa Barat.

"Adanya kasus di Jawa Barat tepatnya di Polres Sumedang, kemarin memang kita melihat ada video yang beredar di medsos isinya kegiatan seorang yang melakukan pengguntingan terhadap bendera Merah Putih, itu viral," katanya dalam konfrensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (16/9/2020).

Polri, Argo mengatakan, saat ini telah mengusut kasus tersebut dengan memeriksa beberapa orang saksi. "Penyidik dari Polres Sumedang sudah memeriksa tiga orang saksi," ujarnya.

Tak hanya itu, menurut Argo, Polri juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti baik gunting, potongan bendera, hingga telepon genggam yang digunakan untuk merekam peristiwa tersebut.

Video tersebut telah dibagikan selama kurang lebih 5 jam dengan 4.794 komentar. Beberapa di antaranya ada yang mengecam perbuatan tersebut sebagai penghinaan terhadap lambang negara.

Editor : Djibril Muhammad