Viral Pemalak di Pasar Tanah Abang, Ini Respons Anies

Wildan Catra Mulia ยท Sabtu, 07 September 2019 - 09:45 WIB
Viral Pemalak di Pasar Tanah Abang, Ini Respons Anies

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA, iNews.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons maraknya pemalak di pusat grosir Tanah Abang. Aksi puluhan pemalak ini menjadi sorotan setelah viral di media sosial.

Anies mengapresiasi gerak cepat kepolisian yang telah menangkap sekelompok orang yang ditengarai sebagai pemalak itu. Dia berharap tindakan tegas dapat memberikan efek jera.

"Saya berterima kasih, aparesiasi kepada aparat penegak hukum yang bertindak responsif di mana para pelaku tindak pidana itu langsung ditahan, diproses, dan mudah-mudahan punya efek jera," kata Anies di Jakarta, Jumat (6/9/2019) malam.

Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan ini menegaskan, setiap tindakan pelanggaran hukum memiliki konsekuensi. Karena itu, dia juga berharap aparat kepolisian terus bertindak tegas.

"Semua tindakan hukum itu memiliki konsekuensi hukum. Untuk itu, bagi aparat penegak hukum mereka akan bisa langsung bertindak," katanya

Aksi pemalakan oleh sekelompok remaja viral di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat juru parkir liar menahan laju kendaraan mobil yang akan putar balik di kawasan Tanah Abang.

Pengemudi dipaksa untuk memberikan uang dengan cara memaksa. Video ini lantas menuai respon dari para netizen yang meminta agar penegak hukum segera menindaklanjutinya.

Polsek Tanah Abang telah mengamankan 10 orang yang diduga pelaku pemalakan, empat di antaranya telah ditetapkan sebagai tersangka.

Kapolsek Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan, empat tersangka itu Supriyatna (40), Nurhasan (26), Tasiman (22), M Iqbal Agus (21).

"Kami sudah amankan 10 orang, terutama mereka yang sering nongkrong dan sering melakukan pemalakan di sekitar pasar Blok F Tanah Abang," katanya.


Editor : Zen Teguh