Virus Korona Paksa Nissan Stop Produksi Mobil di AS hingga 6 April 2020

Dani M Dahwilani ยท Kamis, 19 Maret 2020 - 18:31 WIB
Virus Korona Paksa Nissan Stop Produksi Mobil di AS hingga 6 April 2020

Nissan akan menghentikan sementara produksi mobil di Amerika Serikat (AS), pada 20 Maret sampai 6 April mendatang. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Nissan Motor Co menyatakan akan menghentikan sementara produksi mobil di Amerika Serikat (AS). Langkah ini sebagai dampak penyebaran virus korona (Covid-19) yang menghantam ratusan negara.

Dilansir dari Reuters, Kamis (19/3/2020), produsen mobil Jepang ini menyatakan, penghentikan produksi dimulai pada 20 Maret sampai 6 April mendatang. Meski demikian, Nissan memastikan tidak ada kasus virus korona di fasilitasnya.

Sebelumnya, seluruh produsen mobil di Eropa memutuskan menghentikan aktivitas pabrik. Penyebaran virus korona yang masif berimbas pada lockdown dan krisis pasokan suku cadang.

Akibat situasi buruk ini, penjualan mobil di Eropa diperkirakan akan jatuh hingga 45 persen. Ini menjadi pukulan berat bagi industri otomotif global.

GM juga akan meliburkan karyawannya di Brasil pada 30 Maret hingga 12 April, dan pekerja tetap dibayar penuh sesuai dengan regulasi. Sementara cuti pekerja Mercedes-Benz di Brasil dimulai pada 25 Maret hingga 19 April.

Editor : Dani Dahwilani