Wakil Ketua DPR Minta BPK Audit Dana Penyelenggaraan Asian Games 2018

Felldy Utama ยท Jumat, 21 Desember 2018 - 15:43 WIB
Wakil Ketua DPR Minta BPK Audit Dana Penyelenggaraan Asian Games 2018

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) diminta mengaudit  secara menyeluruh penggunaan dana penyelenggaraan Asian Games 2018. Audit dinilai penting untuk memastikan penggunaan dana tersebut tidak ada yang diselewengkan oleh oknum tertentu.

Permintaan itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyusul terkuaknya kasus dana hibah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Nah ini perlu ada audit dari BPK secara menyeluruh terhadap Asian Games itu," ujar Fahri, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Apalagi, kabarnya banyak pihak yang ikut menyumbang untuk kesuksesan berlangsungnya perhelatan olahraga tingkat Asia itu. "Apakah betul-betul penggunaan dana itu sudah sangat akuntabel dan betul-betul bersih dari kemungkinan terjadinya penyelewengan," ucapnya.

BACA JUGA:

Geledah Kantor Imam Nahrawi, KPK Sita Dokumen terkait Dana Hibah KONI

KPK Tahan 5 Tersangka Kasus Dana Hibah Kemenpora

Sementara itu dalam kasus dana hibah, KPK sudah menggeledah Kemenpora. Dari penggeledahan tersebut, KPK menyita sejumlah dokumen terkait dana hibah Kemenpora kepada KONI Tahun Anggaran 2018.  Salah satunya, dokumen keuangan.

Dokumen tersebut akan dipelajari oleh penyidik KPK untuk mengungkap kasus penyaluran dana hibah KONI. Selain itu, dokumen akan dijadikan bahan untuk pemanggilan sejumlah saksi dalam proses penyidikan ke depan.


Editor : Kurnia Illahi