Wakil Prabowo Ingin Kembangkan 'Sistem Bela Negara Milenial'

Aditya Pratama ยท Jumat, 29 November 2019 - 22:47 WIB
Wakil Prabowo Ingin Kembangkan 'Sistem Bela Negara Milenial'

Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: ANTARA)

JAKARTA, iNews.id – Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono, ingin mengembangkan sistem bela negara yang baru untuk generasi muda. Sistem bela negara itu disebutnya “Bela Negara Milenial”.

“Bela negara ke depan bagaimana? Bela negara yang sangat disukai milenial,” ujar Trenggono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Dia juga sempat menyinggung kecilnya anggaran program bela negara yang dialokasikan Kementerian Pertahanan (Kemhan). Untuk mewujudkan bela negara kaum milenial itu, dia sempat meminta agar anggarannya ditambah.

“Bela negara itu anggarannya kecil. Saya tanya gimana caranya bela negara, diceritakan mau bikin konten, (program) televisi. Saya bilang ‘ini enggak milenial’. Anggarannya kecil, harus dibesarkan,” ucap Trenggono.

Mantan bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf itu menuturkan, timnya tengah melakukan kajian untuk mencari formula bela negara yang sesuai bagi kaum milenial. Pasalnya, yang paling penting saat ini adalah menumbuhkan rasa cinta terhadap negara bagi generasi muda di Tanah Air. Apalagi, Indonesia bakal mengalami bonus demografi 10 hingga 25 tahun mendatang, dengan 70 persen populasi di negeri ini adalah penduduk usia produktif (15-64 tahun).

“Cara berpikir itu supaya ‘saya Indonesia’. Nah, ‘saya Indonesia’ itu seperti apa? Itu yang harus dicari. Itu termasuk dari Anda-Anda (media) masukannya seperti apa? Tim saya masih melakukan kajian soal itu,” tutur wakil dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto itu.


Editor : Ahmad Islamy Jamil