Wamenhan Sakti Trenggono: Tak Ada Pembagian Tugas dengan Menhan Prabowo

Aditya Pratama ยท Jumat, 29 November 2019 - 18:59 WIB
Wamenhan Sakti Trenggono: Tak Ada Pembagian Tugas dengan Menhan Prabowo

Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono. (Foto: iNews.id/Aditya Pratama)

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono, mengaku antara dirinya dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tidak ada pembagian kerja secara khusus dalam memimpin Kemhan. Dia memastikan tugas-tugas di instansi itu dikerjakan bersama-sama sejak penunjukkannya oleh Presiden Jokowi pada Oktober lalu.

“Kita tidak ada kotak-kotak. Saya dan Pak Menteri tidak ada kotak-kotak. Artinya Pak Menteri bidang ini, saya bidang ini, itu enggak. Kita satu, jadi satu kesatuan,” ujar Trenggono di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/11/2019).

Mantan Bendahara TKN Jokowi-Ma'ruf itu menuturkan, sistem kerja antara dia dan Prabowo di Kementerian Pertahanan adalah “dwi tunggal” yang berarti dua unsur pimpinan bekerja dalam satu kesatuan. Trenggono menyebut antara dia dan Prabowo berjalan bersama-sama selama dalam satu visi dan misi terkait pertahanan negara. “Dwi tunggal. Artinya dalam pembagian tugas kami tidak ada. Karena kami ya satu kesatuan,” kata dia.

Trenggono juga menyebut tidak menutup kemungkinan bila ada suatu aturan atau kebijakan yang dia tidak setujui dan diusulkan oleh Prabowo, keduanya akan berdiskusi. Begitu pun sebaliknya, bila ada kebijakan yang dia keluarkan dan tak sesuai dengan Prabowo maka akan dibicarakan keduanya.

“Jadi apa yang jadi policy (kebijakan) menteri, saya ikuti. Kalau policy tidak pas, saya balikin lagi. So far, sampai hari ini kita seiring sampai hari ini,” ucap Trenggono.

Mantan politikus PAN yang juga berlatar belakang pengusaha itu menilai Prabowo sebagai sosok pemimpin yang nyaman diajak berdiskusi. Bahkan, dia juga memuji eks danjen Kopassus itu sebagai sosok yang sangat nasionalis. “Saya sampaikan ide ke beliau, beliau sepakat. Pandangan saya, beliau nasionalis,” tutur Trenggono.


Editor : Ahmad Islamy Jamil