Wapres: 80 Persen Rumah Tangga Sudah Tinggal di Rumah Status Milik Sendiri 

Binti Mufarida · Selasa, 23 Agustus 2022 - 12:45:00 WIB
Wapres: 80 Persen Rumah Tangga Sudah Tinggal di Rumah Status Milik Sendiri 
Wapres Ma`ruf Amin. (Foto Setwapres).

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebutkan sekitar 80 persen rumah tangga di Indonesia sudah tinggal di rumah dengan status milik sendiri. Hal itu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

Data BPS, jumlah rumah tangga di Indonesia yang telah memiliki rumah sendiri sebesar 81,08 persen pada tahun 2021, naik 1,22 persen dibandingkan tahun sebelumnya.  

"Sebagian besar rumah tangga di Indonesia sekitar 80 persen sudah tinggal di rumah dengan status milik sendiri," ungkap Wapres saat meluncurkan Tapera Syariah secara virtual, Selasa (23/8/2022). 

Meski begitu, Wapres mengatakan masih ada masyarakat yang belum mencukupi kebutuhan atas huniannya. "Tetapi bagi masyarakat yang belum mencukupi kebutuhan hunian, tentu ingin mewujudkannya mengingat tempat tinggal atau perumahan menyangkut hak dasar individu sekaligus sebagai sarana pembinaan keluarga," katanya. 

Wapres mengungkapkan tidak semua masyarakat memiliki kematangan finansial untuk membeli hunian. Terlebih bagi masyarakat perkotaan, keterjangkauan untuk memiliki rumah turut dipengaruhi harga hunian yang cenderung meningkat setiap tahunnya, bahkan di atas rata-rata daya beli.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda