Wapres : Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 di Daerah Harus Dipercepat

Dita Angga ยท Jumat, 23 Juli 2021 - 10:08:00 WIB
Wapres : Realisasi Anggaran Penanganan Covid-19 di Daerah Harus Dipercepat
Wakil Presiden Ma`ruf Amin meminta anggaran Covid-19 segera direalisasikan. (Foto ist).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah pusat terus mendorong agar pemerintah daerah segera mempercepat realisasi anggaran penanganan covid-19. Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin saat memberikan arahan kepada Satgas Penanganan Covid-19 Jawa Barat.

“Terkait realisasi anggaran agar mendapat perhatian dan dorongan, serta pendampingan dari instansi terkait untuk mempercepatnya,” ungkapnya, Jumat (23/7/2021).

Selain mengenai realisasi anggaran penanganan covid-19 di daerah, Ma'ruf juga terus memantau perkembangan pelaksanaan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), 3 T (testing, tracing, treatment), serta penyaluran bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

“Saya ingin memfokuskan pada tiga hal, yaitu pelaksanaan PPKM, penerapan 3 T, dan juga soal bansos,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, menyampaikan bahwa pemerintah daerah dapat melakukan refocusing anggaran yang dapat dimanfaatkan untuk penanganan pandemi Covid-19. Dimana sesuai ketentuan pemerintah daerah diminta untuk mengalokasikan minimal 8% dari APBD untuk penanganan covid-19.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan, minimal 8% dari dana alokasi umum dan dana bagi hasil, provinsi/kabupaten/kota dapat melakukan refocusing untuk digunakan penanganan pandemi, khusus penanganan Covid-19, dukungan vaksinasi, dana desa, insentif tenaga kesehatan. Ini pula yang menjadi atensi Presiden,” ujar Tito.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: