Waspada Cuaca Ekstrem, Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Menerjang

Rahma Sari ยท Minggu, 26 November 2017 - 22:30 WIB
Waspada Cuaca Ekstrem, Hujan dan Angin Kencang Berpotensi Menerjang

Jalan protokol Surabaya terendam banjir beberapa hari lalu. (Foto:iNews.id/dok)

JAKARTA, iNews. id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Indonesia. Selama tiga hari kedepan diperkirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Tanah Air.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, BMKG memantau adanya dua bibit siklon tropis,  yaitu di Samudra Hindia Selatan Jawa dan Barat Daya Bengkulu.  Bibit siklon tropis ini mengakibatkan terbentuknya pola belokan angin dan konvergensi di wilayah Indonesia.

"Hal tersebut berdampak pada peningkatan tinggi gelombang,  hujan lebat,  angin kencang,  maupun potensi puting beliung di daerah sekitarnya, " ungkap Dwikorita dalam jumpa pers di Kantor BMKG,  Minggu malam (26/11/2017).

Mantan Rektor UGM ini menuturkan, kecepatan angin bisa mencapai 20 knot sampai 30 knot, jauh lebih tinggi dari situasi normal yang hanya 5 knot.

Dia juga menjelaskan terdapat juga massa udara bersifat lembab secara luas dari Samudra Hindia yang mengakibatkan peningkatan curah hujan di sebagian wilayah besar Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
Beberapa wilayah yang terkena kejadian tersebut antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung.

Selain itu, Lampung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Timur bagian selatan, dan Kalimantan Selatan. Kemudian, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat dan Papua.

BMKG pun mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi genangan, banjir maupun longsor terutama di wilayah rawan bencana tersebut.

”Kedua, waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh. Tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai petir,”kata dia.

Selain itu masyarakat diminta mewaspadai hujan lebat disertai angin kencang dan kenaikan tinggi gelombang yang berbahaya bagi kapal berukuran kecil. BMKG juga mengingatkan agar masyarakat sebaiknya menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda.

"Impact ini hampir merata di wilayah Indonesia.  Kami mengimbau masyarakat dan badan penanggulangan bencana daerah serta pihak terkait agar mewaspadai cuaca ekstrem," ujarnya.


Editor : Zen Teguh