Wiranto Tepis Tuduhan Pemerintah Intervensi Penyelenggara Pemilu

Wildan Catra Mulia · Rabu, 24 April 2019 - 12:52 WIB
Wiranto Tepis Tuduhan Pemerintah Intervensi Penyelenggara Pemilu

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah menepis tuduhan ada intervensi terhadap penyelenggara pemilu. Pemerintah memastikan tidak berpihak kepada salah satu calon.

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto berharap masyarakat jangan percaya dengan berita yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Apalagi terhadap kabar yang bersifat menghasut untuk mengganggu keamanan nasional.

"Tidak pernah mengintervensi lembaga pemilu apalagi memenangkan salah satu pasangan calon," ujar Wiranto dalam konferensi pers usai memimpin rapat koordinasi khusus (rakorsus) di Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Dia menuturkan, Pileg dan Pilpres serentak 2019 mendapat apresiasi dari dunia internasional. pileg dan pilpres yang digelar dalam sehari berjalan lancar, aman dan damai.

BACA JUGA:

Wiranto Minta Temuan Kecurangan Pemilu Dilaporkan ke Jalur Hukum

Sempat Salah Input Data Situng, KPU Buka Layanan Pengaduan Masyarakat

"Kita sudah merasakan aman, damai sehingga kita mendapatkan apresiasi dari 33 negara. Mereka memberikan penilaian positif bahwa pemilu yang berat, sulit dan masif itu dapat dilaksanakan dengan aman lancar dan damai," ucapnya.

Menurutnya, penyelenggara pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) patut diapresiasi atas kinerja mereka menyukseskan pemilu. Apresiasi juga patut diberikan kepada Polri dan TNI yang mampu menciptakan kondisi aman hingga usai pelaksanaan pileg dan pilpres serentak 2019.

"Oleh sebab itu sangat tidak tepat kalau kita malah melakukan fitnah cacian dan tuduhan-tuduhan yang tidak mendasar kepada penyelenggara pemilu dan aparat keamanan," katanya.


Editor : Kurnia Illahi