Yasonna Laoly Persilakan Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia

Felldy Utama, Fiki Juliadi ยท Rabu, 26 Februari 2020 - 05:00 WIB
Yasonna Laoly Persilakan Rizieq Shihab Pulang ke Indonesia

Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. (Foto: Antara).

JAKARTA, iNews.id - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona H Laoly mempersilakan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pulang ke Indonesia. Pemerintah Indonesia tidak pernah menangkal pendakwah tersebut.

Pernyataan Yasonna dilontarkan ketika anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra Muhammad Syafi'i mempertanyakan kembali kejelasan nasib Rizieq Shihab yang sampai saat ini masih di Arab Saudi.

Syafi’I mendengar, ada pencekalan dari Pemerintah Saudi terhadap Rizieq atas permintaan Indonesia. Dia pun ingin Yasonna memberikan penjelasan terkait kabar tersebut.

"Kita hanya ingin minta kejelasan, apa yang menyebabkan Habib Rizieq tidak bisa kembali ke Indonesia?," tanya pria yang akrab disapa Romo, di ruang rapat Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Mendapat pertanyaan itu, Yasonna menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak pernah menangkal Rizieq Shibab. Dia pun mempersilakan Rizieq untuk kembali ke Tanah Air kapan pun dia menginginkan.

”Kalau mau kembali, kembali saja. Tidak ada permintaan dari penegak hukum atau dari siapa saja kepada Imigrasi yang mengatakan, yang bersangkutan ditangkal untuk masuk ke Indonesia, tidak ada Pak," ujar Yasonna.

"Dalam sistem (Rizieq) free, anytime kalau beliau mau masuk, masuk saja," ucapnya.

Editor : Zen Teguh