Begini Cara Anies Pangkas Harga Bahan Pokok di Kepulauan Seribu

Wildan Catra Mulia ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 16:00 WIB
Begini Cara Anies Pangkas Harga Bahan Pokok di Kepulauan Seribu

Warga mengangkut logistik di Kepulauan Seribu. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA,iNews.id – Pasokan logistik untuk masyarakat Kepulauan Seribu menjadi fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pemprov meresmikan kapal Banawa Nusantara 24 untuk mendistribusikan logistik antar pulau di Kepulauan Seribu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, selama ini warga Kepulauan Seribu merasakan harga kebutuhan pokok relatif tinggi. Hal itu dikarenakan letak geografis wilayah tersebut yang terpisah dengan perairan. Menurut dia, adanya penambahan kapal dapat mempermudah pasokan logistik.

“Ada tambahan kapal insyaallah bisa disuplai dengan teratur. Harga insyaallah bisa lebih terjangkau untuk seluruh warga,” kata Anies di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Rabu (9/5/2018).

Dia menuturkan, Banawa Nusantara dapat mengangkut barang seberat sepuluh ton. Diharapkan kapal tersebut dapat berkeliling antara pulau satu dengan pulau lain sebanyak enam kali selama sebulan.

“Sebelumnya hanya ada kapal yang memutar dua kali dalam sebulan. Nantinya kita tambah sehingga jauh lebih sering kapal-kapal ini membawa kebutuhan logistik,” ujar dia.

Anies menilai, persoalan harga bahan pokok di Kepulauan Seribu lebih karena terkendala transportasi. Pasokan tersedia di pasar induk Jakarta tetapi distribusi ke Pulau Seribu terkendala armada.

“Utamanya masalah transportasi. Masalah muncul bukan karena barangnya tidak ada tetapi untuk menjangkau ke pulau ada kendala transportasi. Karena itu dibutuhkan transportasi yang baik, transportasi yang rutin, dan siklusnya cepat,” ujar Anies.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto