ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Teror di Mapolda Riau

Anton Suhartono ยท Rabu, 16 Mei 2018 - 16:05 WIB
ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Serangan Teror di Mapolda Riau

Polisi menjaga ketat Mapolda Riau pascaserangan teroris (Foto: Antara)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Kelompok Negara Islam Irak Suriah (ISIS) bertanggung jawab atas serangan di Mapolda Riau, Rabu (16/5/2018). Serangan tersebut menewaskan seorang polisi dan empat pelaku.

Pernyataan itu disampaikan melalui kantor berita yang dikelola ISIS, Amaq, sebagaimana dikutip dari Reuters.

Meski demikian, sejauh ini belum ada bukti yang mengarah pada keterlibatan ISIS secara langsung dalam serangan pada pagi hari itu.

Kapolda Riau Irjen Pol Nandang mengatakan, salah seorang pelaku penyerangan yang tewas, Mursalim alias Ical alias Pak Ngah (42), berasal dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). JAD memang disebut-sebut sebagai kelompok yang terinspirasi dari ISIS.

Sementara itu Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi mengamankan mobil Toyota Avanza bernopol BM 1192 RQ, 3 pedang samurai, 5 penutup muka, 3 sepatu, serta masing-masing 1 handycam, jaket, sarung tangan, dan ikat kepala.

Menurut Setyo, pelaku sempat dihalangi masuk, namun menyerang menggunakan pedang samurai.

“Pada saat masuk (Mapolda Riau) dihalangi anggota. Turun dari mobil orang tidak dikenal tersebut ada empat orang, kemudian menyerang anggota menggunakan samurai yang mengakibatkan dua anggota Polri luka-luka,” kata Setyo.

Tiga pelaku tewas di lokasi, sedangkan satu lainnya dalam perjalanan ke rumah sakit. Sementara seorang polisi gugur dan dua lainnya terluka. Penyerangan juga mengakibatkan dua wartawan luka-luka.

Polisi yang gugur merupakan Inspektur Dua (Ipda) Auzar. Almarhum bertugas di Direktorat Lalu Lintas Polda Riau.


Editor : Anton Suhartono