Pemprov DKI Pastikan Lepas Saham Pabrik Bir, Targetkan Rp1 Triliun

Wildan Catra Mulia · Rabu, 16 Mei 2018 - 19:32 WIB
Pemprov DKI Pastikan Lepas Saham Pabrik Bir, Targetkan Rp1 Triliun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memberikan keterangan pers di Balai Kota Jakarta, Rabu (16/5/2018). (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia).

JAKARTA,iNews.id – Memasuki Ramadan 1439 Hijriah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta resmi memutuskan untuk melepas 26,25 persen saham di PT Delta Djakarta Tbk yang dimiliki selama 45 tahun terakhir. PT Delta Djakarta merupakan produsen minuman beralkohol (bir).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kebijakan ini ditempuh sebagai realisasi janji kampanyenya bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Setelah melepas saham, Pemprov DKI Jakarta akan memanfaatkan dana tersebut untuk melakukan pembangunan yang berdampak luas untuk masyarakat.

"Kita pasti dilepas. Jadi ini bukan ‘akan, tapi ‘pasti’ dilepas dan ini komitmen kita," ujar Anies dalam jumpa pers di Balai Kota, Jakarta, Rabu (16/5/2018). Anies hadir didampingi Wakil Gubernur Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Anies Sebut Investasi Air Bersih Lebih Baik dari Air Keras

Anies menerangkan, selama ini dengan kepemilikan saham 26,25 persen, nilai dividen yang diperoleh oleh Pemprov mencapai Rp38 miliar per tahun.

"Kita yakin bahwa penjualan 26,25 persen ini akan mendapatkan tambahan pemasukan lebih dari Rp1 triliun. Jadi kalau mau mendapatkan Rp1 triliun dengan mempertahankan saham di Delta mungkin perlu 30 tahun lebih, baru bisa dapat angka tersebut," kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menjelaskan, dana penjualan rencananya digunakan untuk pembangunan ekonomi yang lebih baik dan memfokuskan pada lapangan kerja.

"Prioritas kita tentang penciptaan lapangan pekerjaan, fasilitas pendidikan, kemudian juga program-program terkait dengan kesehatan. Jadi banyak sekali program kesejahteraan rakyat yang akan kita bisa lakukan lewat dana yang didapat," ujarnya.

Anies berharap penjualan saham akan berjalan lancar dan dalam waktu singkat bisa tuntas.
Sementara itu Sandi mengungkapkan, untuk memastikan penjualan saham di PT Delta Jakarta, Pemprov akan menjalankan semua proses sesuai aturan pasar modal.

Politikus Partai Gerindra itu menambahkan, pihaknya juga berharap proses tersebut dapat disetujui langsung oleh DPRD. "Sesuai dengan seluruh koridor hukum baik di pasar modal maupun juga di perizinan yang diperlukan Pemprov DKI, termasuk juga perizinan dari teman-teman di DPRD," ucapnya

Pemprov juga akan bersikap transparan terhadap dana yang diperoleh hasil penjualan saham tersebut. "Kita akan membuat dan memastikan proses ini transparan dan sangat kredibel untuk memastikandapat valuasi terbaik atas kepemilikan saham kita," ujarnya. 


Editor : Zen Teguh