Janji Trump ke Kim Jong Un, Korut Akan Berkuasa dan Sangat Kaya

Nathania Riris Michico · Jumat, 18 Mei 2018 - 10:30 WIB

Presiden AS Donald Trump and Pemimpin Korut Kim Jong Un. (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump angkat bicara soal keuntungan yang bisa diperoleh pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un jika setuju melucuti senjata nuklirnya. Trump menjamin Korut akan berkuasa.

Bahkan, Trump mengatakan, jika pertemuan pada 12 Juni di Singapura berhasil dan sukses, Kim akan mendapat perlindungan maksimal.

"Dia akan berada di negaranya dan menjalankan negaranya. Negaranya akan sangat kaya," kata Trump, seperti dilaporkan AFP, Jumat (18/5/2018).

Namun jika diplomasi gagal, Trump menyebut Kim akan mengalami nasib yang sama seperti Moamer Gaddafi Libya, yang digulingkan dan dibunuh oleh pemberontak.

Pernyataan Trump ini merupakan respons setelah Korut mengancam akan membatalkan pertemuan pada 12 Juni. Korut mengecam desakan sepihak AS atas denuklirisasi serta latihan militer bersama dengan Korea Selatan.

Namun Trump enggan berspekulasi soal jadi atau tidaknya pertemuan itu. Dia masih menunggu perkembangan dari pihak Korut.

"Kita lihat saja nanti," tambah Trump.

Sebelumnya, Kim berjanji akan melucuti senjata nuklir dan menghancurkan lokasi uji coba persenjataan pada pekan ini.

Namun, Korut justru mengancam membatalkan pertemuan dengan AS lantaran beberapa hal, antara lain desakan AS untuk mengirim beberapa hulu ledak nuklir, sebuah rudal balistik antarbenua (ICBM), serta material terkait persenjatan nuklir lain, dalam enam bulan ke luar negeri. Kemarahan Korut lainnya terkait  latihan militer gabungan AS dengan Korsel di Semenanjung Korea.

Korut menganggap latihan itu merupakan aksi provokasi. Akibatnya, Korut membatalkan pertemuan tingkat pejabat dengan Korsel yang khusus membahas soal denuklirisasi pekan ini.


Editor : Nathania Riris Michico

KOMENTAR