Dikenal sebagai Pimpinan JAD, Ini Profil Aman Abdurrahman

iNews Siang ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 17:30 WIB
Dikenal sebagai Pimpinan JAD, Ini Profil Aman Abdurrahman

JAKARTA, iNews.id - Sejak 2003, sosok Aman Abdurrahman dikenal akrab dengan jeruji besi terkait kasus terorisme. Aman juga dikenal dengan julukan Singa Tauhid dan merupakan pimpinan kelompok Jemaah Anshorut Daulah (JAD) serta menjadi pionir ISIS Indonesia.

Aman merupakan terdakwa kasus peledakan bom di Jalan Thamrin pada Januari 2016. Atas kasus ini, dia dituntut hukuman mati.

Namun, kasus yang membelit Aman bukan hanya bom Thamrin. Kasus pertama, Aman divonis 7 tahun penjara terkait bom rakitan yang meledak di rumah kontrakannya kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat, pada 2004. Sementara kasus kedua dengan vonis 9 tahun penjara terkait keterlibatannya dalam pelatihan militer di Jalin Kantho, Aceh Besar, pada 2010.

Aman merupakan seorang pendakwah seputar isu tauhid dan jihad yang mengagumi tokoh ideologi Al Qaidah Abu Muhammad Al-Maqdisi. Tulisan-tulisan Abu Muhammad banyak yang dia terjemahkan dan disebarkan melalui teman-temannya dari balik penjara.

Aman bahkan mampu menggerakkan orang untuk melakukan teror lewat ceramahnya dengan materi yang dia ambil dari buku karangannya sendiri. Alhasil banyak yang menjadikan materi ceramahnya sebagai rujukan.

 

Video Editor: Alvian Surya


Editor : Dani Dahwilani