Kemenag Rilis 200 Nama Penceramah Berkomitmen Kebangsaan Tinggi

Felldy Utama, Randu Dahlia ยท Jumat, 18 Mei 2018 - 22:59 WIB
Kemenag Rilis 200 Nama Penceramah Berkomitmen Kebangsaan Tinggi

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Kemenag)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan daftar 200 penceramah (mubaligh) yang dinilai memenuhi kriteria untuk meningkatkan kualitas kehidupan beragama di Indonesia. Nama-nama ini dirilis berdasarkan permintaan masyarakat.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, Kemenag menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama penceramah yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka. "Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama mubaligh,” kata Menag di Jakarta, Jumat (18/5/2018).

Menag menjelaskan, 200 nama dalam daftar tersebut tidak sembarang penceramah. Mereka dinilai memenuhi tiga kriteria, yaitu mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi baik, dan berkomitmen kebangsaan tinggi.

BACA JUGA: Marak Serangan Teroris, Menag: Agama Jangan Diperalat

Menag menjelaskan, daftar nama ini merupakan rilis awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlah daftar ini tentu akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

“Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para mubaligh yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” ujar Menag. "Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi," sambung dia.

Menag berharap rilis daftar nama mubaligh ini bisa memudahkan masyarakat dalam mengakses para penceramah yang mereka butuhkan. Langkah ini diharapkan akan memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kemenag.

Lukman menegaskan, seleksi mubaligh akan terus dilakukan dan tidak akan dibatasi jumlahnya. Dengan demikian, semangat keagamaan dalam keberagaman terus berlangsung.

Kendati demikian, dia tetap menghimbau agar penyeleksian penceramah perlu dilakukan di setiap forum keagamaan dan majelis taklim skala kecil.

Daftar 200 penceramah dapat diunduh di laman resmi Kemenag, yakni kemenag.go.id. Berdasarkan daftar tersebut, sejumlah nama kondang berada di dalamnya, antara lain Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Gubenur Nusa Tenggara Barat TGB Zainul Majdi, serta mantan Menag Tolchah Hasan dan Said Agil Husin Al Munawar.


Editor : Zen Teguh