Pembeli Lukisan Leonardo da Vinci Seharga Rp6 Triliun Pangeran Arab?

Anton Suhartono ยท Jumat, 08 Desember 2017 - 11:07 WIB
Pembeli Lukisan Leonardo da Vinci Seharga Rp6 Triliun Pangeran Arab?

Staf Christie's mengecek lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci di London (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id – Masih ingat dengan lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci yang dilelang oleh Christie's di New York, Amerika Serikat, pada bulan lalu? Lukisan paling bernilai itu dilepas kepada penawar tertinggi yang berani membayar USD450,3 juta atau sekitar Rp6 triliun.

Angka tersebut merupakan jumlah fantastis untuk sebuah hasik karya lukis yang laku di ajang lelang atau dua kali lipat dari lukisan Picaso yang terjual USD179,4 juta dalam lelang beberapa tahun lalu.

Baca Juga: Rekor Dunia, Lukisan Karya Leonardo da Vinci Ini Laku Rp6 Triliun

Lantas, tahukah Anda siapa pembelinya? The New York Times melaporkan bahwa dia adalah putra mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman.

Lukisan itu memang tak dibeli atas nama Pangeran Muhammad  bin Salman langsung, tapi melalui Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan Al Saud.

Namun Pangeran Bader dalam pernyataannya menepis bahwa namanya dikaitkan dengan pembelian lukisan supermahal itu. "Membaca berita mengejutkan tantang saya di surat kabar New York Times, berita aneh dan tidak akurat terkandung di dalamnya," sebut Pangeran Bader.

Bader diketahui bukan termasuk pangeran yang glamor. Sumber kekayaannya pun tidak diketahui, sehingga janggal jika dia membeli benda seni semahal itu. Apalagi Pangeran Bader juga tidak memiliki sejarah sebagai kolektor benda seni.

Namun dia merupakan teman dekat putra mahkota. Tampaknya, Mohammed bin Salman meminta bantuannya untuk menjadi agen pembelian lukisan ini.

Penyelenggara lelang Christie's memang tidak menyebut identitas pembeli Salvator Mundi, namun dokumen yang terkait dengan pembelian yang dipublikasikan New York Times menyebut bahwa identitas pembelinya adalah Pangeran Bader.

Sementara itu Museum Louvre di Abu Dhabi mengumumkan akan kedatangan Salvator Mundi yang baru dilelang itu. Tapi Louvre tak menyebut apakah lukisan itu berstatus hadiah, pinjaman, atau disewakan. Hal yang jelas, putra mahkota Abu Dhabi Mohammed bin Zayed merupakan rekanan dekat Mohammed bin Salman.

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Pangeran Mohammed bin Salman maupun kedutaan besar Arab Saudi di AS.

Pembelian lukisan Salvator Mundi oleh pangeran Arab terbilang kontroversial. Bukan hanya karena Arab Saudi sedang getol menangkapi para koruptor, termasuk dari kalangan pangeran. Tapi juga lukisan itu merupakan penggambaran dari Yesus.


Editor : Anton Suhartono