10 Orang Terkuat di Dunia, Xi Jinping Geser Putin

Nathania Riris Michico · Minggu, 10 Juni 2018 - 11:13 WIB

Ilustrasi Orang Terkuat di Dunia 2018. (Foto: Doc. Youtube)

WASHINGTON, iNews.id - Ada hampir 7,5 miliar manusia di planet Bumi, namun hanya ada beberapa perempuan dan laki-laki yang bisa membuat dunia berubah.

Peringkat tahunan Forbes, yakni 'The Most Powerful People' alias Orang Terkuat di Dunia mengidentifikasi satu dari setiap 100 juta orang yang tindakannya paling memengaruhi dunia.

Daftar ini menyoroti kekuatan dan kekuasaan di tangan segelintir orang yang memiliki kekuasaan. Berikut daftar nama orang terkuat di dunia menurut Forbes.

1. Presiden China Xi Jinping

Presiden China Xi Jinping terpilih sebagai orang paling berpengaruh di dunia. Sekretaris Jenderal Partai Komunis China itu merebut posisi teratas untuk pertama kalinya setelah kongres China mengubah konstitusinya pada Maret lalu.

Xi memperluas pengaruhnya dan menikmati masa pemerintahan tak terbatas. Posisi Xi sebagai orang terkuat di dunia menggeser Presiden Rusia Vladimir Putin yang sebelumnya menduduki posisi teratas selama empat tahun berturut-turut, yang belum pernah terjadi sebelumnya.

2. Presiden Rusia Vladimir Putin

Putin memerintah Rusia sejak Mei 2000, dan tahun ini diia kembali terpilih untuk masa jabatan keempat dengan hampir 77 persen suara. Itu merupakan sejarah kemenangan terbesar bagi seorang kandidat sejak jatuhnya Uni Soviet.

3. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Satu tahun setelah masa jabatannya, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga menjadi salah satu orang paling kuat di dunia. Selain menjadi orang paling berkuasa di AS, Trump juga menduduki posisi ketiga sebagai orang terkuat di dunia setelah Putin.

Trump membuktikan dirinya bisa menjadi Panglima Tertinggi dengan kekuatan ekonomi dan militer terbesar di dunia.

4. Kanselir Jerman Angela Merkel

Orang keempat yang paling berkuasa di dunia adalah perempuan paling kuat yaitu kanselir Jerman, Angel Merkel. Pemimpin de facto Eropa, Merkel, memenangkan pemilihan pada 2017 dan menciptakan koalisi besar dengan mitra politik.

Dia harus memegang erat kemudi Uni Eropa karena menghadapi badai yang datang dari Brexit dan meningkatnya sentimen anti-imigran di Eropa.

5. Pendiri Amazon Jeff Bezos

Jeff Bezos merupakan orang pertama yang berhasil meraup 100 miliar dolar AS dan menjadi orang nomor satu dalam daftar Miliarder Dunia versi Forbes. Dia memiliki 16 persen perusahaan e-commerce raksasa Amazon, yang didirikan di sebuah garasi di Seattle pada 1994.

6.  Pemimpin Umat Katolik Paus Fransiskus

Paus Fransiskus, yang menduduki peringkat keenam, merupakan pemimpin spiritual atas lebih dari sekitar satu miliar umat Katolik atau seperenam populasi dunia. Misi pribadinya untuk mengubah citra konservatif Gereja Katolik yang sudah sejak lama terbangun.

7. Pendiri Microsoft Bill Gates

Bersama istrinya Melinda, Bill Gates memimpin Bill & Melinda Gates Foundation, yayasan amal swasta terbesar di dunia. Yayasan ini berfungsi menyelamatkan jiwa dan meningkatkan kesehatan global, dan bekerja dengan Rotary International untuk memberantas polio.

Gates menjual atau menyerahkan sebagian besar sahamnya di Microsoft. Dia memiliki lebih dari 1 persen saham dari Microsoft dan berinvestasi dalam saham dan aset lainnya.

8. Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman Al Saud

Pangeran Mohammed Bin Salman Al Saud berhasil menduduki posisi kedelapan sebagai orang terkuat di dunia. Ayahnya tetap raja, namun Pangeran Mohammed memiliki kekuatan konsolidasi yang kuat dan bisa mengambil alih kendali negara.

Pada November 2017, dia meluncurkan kampanye antikorupsi yang menyebabkan banyak bangsawan Saudi ditangkap. Pangeran Mohammed akan menjadi titik tumpu di mana geopolitik Timur Tengah bergerak untuk generasi berikutnya.

9. Perdana Menteri India (PM) Narendra Modi

Modi merupakan salah satu PM terpopuler di dunia. Dia memimpin negara terpadat kedua di dunia dengan populasi 1,3 miliar orang. Pada November 2016, dia secara tak terduga mengumumkan rencana menghilangkan dua uang kertas terbesar India dalam upaya untuk mengurangi pencucian uang dan korupsi.

Modi berhasil mengangkat profil dirinya sebagai pemimpin global dalam beberapa tahun terakhir dengan bertemu Presiden Donald Trump dan Xi Jinping.

10. Pendiri Google Larry Page

Larry Page bertengger di posisi tertinggi pimpinan Alphabet, perusahaan induk Google; divisi perawatan kesehatan Calico; divisi peralatan rumah pintar, Nest; dan masih banyak lagi.

Dia mendirikan Google pada 1998 dengan sesama mahasiswa Stanford, Sergey Brin.
Dengan Brin, Page menciptakan algoritma Google PageRank, yang menggerakkan mesin pencari.

Selain nama-nama di atas, ada pula nama baru dalam daftar tahun ini, salah satunya Chairman of the US Federal Reserve, Jerome H. Powell, yang menduduki peringkat ke-11 dan CEO Exxon Mobil, Darren Woods, yang menduduki peringkat ke-34.

Tak ketinggalan Presiden Korea Selatan Moon Jae In berada di peringkat 54 dan Penasihat Khusus untuk Departemen Kehakiman AS, Robert Mueller, menduduki posisi 72.

Untuk memilih Orang Terkuat di Dunia, Forbes mempertimbangkan ratusan kandidat dari berbagai lapisan masyarakat di seluruh dunia, dan mengukur kekuatan mereka. Pertama, Forbes menilai apakah kandidat memiliki kekuasaan besar atas banyak orang.

Doug McMillon yang berada di posisi 23, merupakan CEO dari perusahaan swasta terbesar di dunia, Wal Mart Stores. McMillon memiliki lebih dari 2,3 juta pekerja di seluruh dunia.

Forbes juga memilih dengan memastikan para kandidat aktif menggunakan kekuatan mereka. Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berada di posisi ke-36 karena hampir memiliki kendali mutlak atas kehidupan 25 juta orang yang berada di negaranya. Dia juga dikenal menghukum pelanggaran perbedaan pendapat dengan hukuman mati.


Editor : Nathania Riris Michico

KOMENTAR