10 Misteri Kehidupan Kim Jong Un, Nomor 7 Mengejutkan

Nathania Riris Michico · Senin, 11 Juni 2018 - 14:41 WIB
10 Misteri Kehidupan Kim Jong Un, Nomor 7 Mengejutkan

Pemimpin Korut Kim Jong Un. (Foto: AFP)

SINGAPURA, iNews.id - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (12/6/2018). Mereka akan bertemu di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura, pukul 09.00 waktu setempat.

Meski menjadi orang nomor 1 di Korut, sejarah hidup Kim dan ayahnya yang juga memimpin negara itu, Kim Jong Il, tidak pernah diketahui. Korut memang dikenal tertutup dengan kehidupan negara dan warganya.

Dunia pun tak banyak yang tahu tentang kehidupan pribadi Kim Jong Un. Lahir di negara komunis yang menutup rapat segala informasi serta menutup diri dari dunia luar, tak banyak yang tahu seperti apa sosok Kim dan bagaimana kehidupan pribadinya.

Berikut beberapa misteri soal kehidupan Kim.

1. Waktu Lahir

Tanggal dan tahun kelahiran Kim Jong Un merupakan salah satu misteri yang belum terpecahkan hingga saat ini. Kim Jong Un diduga lahir pada 8 Januari atau 6 Juli. Tahun kelahirannya pun tidak diketahui, ada yang menyebut 1982, 1983, ada pula 1984.

Pada 8 Januari 2014, mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, menyanyikan lagu 'Selamat Ulang Tahun' untuk Kim sebelum dia dan mantan pemain NBA lainnya menghadapi Korut dalam sebuah pertandingan eksibisi.

Mengapa tahun kelahirannya dirahasiakan? Alasannya, Kim ingin terlihat lebih dewasa, sehingga waktu kelahirannya disebut pada 1982. Namun intelijen Korea Selatan (Korsel) mengklaim Kim sebenarnya lahir pada 1984.

Meski tak diketahui, pada Desember 2010, Korut mengumumkan hari libur nasional untuk memperingati hari ulang tahun Kim.

Kendati demikian, Kim merupakan salah satu pemimpin termuda di dunia.

2. Kehidupan Pernikahan dan Anak

Kim menikah dengan Ri Sol Ju, seorang penyanyi terpandang di Korut. Namun, tidak diketahui kapan waktu pernikahan mereka.

Dari pernikahannya, Kim disebut dikaruniai tiga anak, salah satunya bernama Ju Ae. Hal itu terbukti dari pernyataan Rodman saat kembali dari kunjungan keduanya ke Korut. Rodman mengatakan dia memegang 'bayi Ju Ae' dan menyebut Kim sebagai ayah yang baik.

3. Pendidikan

Kim sempat menempuh pendidikan di Akademi Militer Kim Il Sung pada 2002 hingga 2007. Dia juga disebut menempuh pendidikan di sekolah bergengsi berbahasa Jerman di dekat Bern, Swiss. Hal ini diketahui karena ada seorang mahasiswa Korut yang terdaftar pada periode1998 hingga 2000.

Mahasiswa itu terdaftar sebagai anak seorang karyawan di kedutaan Korut di negara itu.
Tidak diketahui siapa nama asli pria tersebut, namun dia terdaftar di sekolah dengan nama Pak Un.

Menurut laporan berita yang mengutip siswa dari kelasnya, Kim digambarkan sebagai pria baik yang suka bermain basket dan memiliki selera humor.

Berdasarkan foto-foto yang beredar, para mahasiswa di universitas itu yakin pria tersebut adalah Kim Jong Un. Mereka ingat bahwa Kim adalah anak lucu dan lebih tertarik pada olahraga daripada politik.

4. Takhta dan Kekuasaan

Pada April 2009, Kim diangkat sebagai Komisi Pertahanan Nasional Korut. Lalu pada 28 September 2010, dia dipromosikan menjadi jenderal bintang empat.

Pada 9 Oktober 2010, putra tertua Kim Jong Il, Kim Jong Nam, mengatakan di stasiun televisi Jepang, Asahi, dia menentang peralihan kekuasaan secara turun-temurun untuk generasi ketiga.

Pada 17 Desember 2011, Kim Jong Il meninggal di usia 69 tahun. Lalu pada 31 Desember 2011, Kim melaporkan kekuasaan telah dilimpahkan kepadanya sejak 8 Oktober atas perintah ayahnya.

Kim Jong Nam yang merupakan saudara tiri Kim Jong Un sempat dikabarkan akan memimpin negara. Namun hal itu berubah pada 2001, saat dia tertangkap berusaha masuk Jepang dengan paspor palsu.

Dia diasingkan pada 2003 dan meninggal karena dibunuh pada 13 Februari 2017 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Setelah penyelidikan, pihak berwenang Malaysia mengonfirmasi dua perempuan membunuh Jong Nam menggunakan zat kimia pelumpuh saraf. Senjata kimia terlarang dan mematikan itu disebut VX.

5. Rumah Mewah, Taman, dan Air Mancur

Seorang jurnalis Rusia, Valery Sharifulin, mendapat akses khusus untuk mengintip rumah mewah milik Kim Jong Un. Valery mengambil foto rumah tersebut saat Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menemui Kim.

Berdasarkan laporan Express.co.uk, rumah Kim Jong Un terletak di dekat ibu kota Korut, Pyongyang. Rumah Kim sangat luas, dengan desain minimalis namun mewah dan modern. Di depan pintu rumah terdapat tempat parkir mobil cukup luas dengan  jendela kaca tinggi.

Saat memasuki bagian dalam rumah, ruangan yang cukup luas pun menyambut. Tak banyak perabot di ruang depan rumah. Beberapa sudut ruangan dihiasi patung seorang perempuan dan pilar-pilar rumah menggunakan marmer sehingga terkesan elegan.

Tak hanya itu, lampu yang menggantung juga membuat rumah nampak begitu mewah.

Di bagian depan terdapat taman yang luas serta air mancur. Banyak bunga berwarna-warni menghiasi taman dan mengelilingi air mancur.

Rumah Kim Jong Un juga dikelilingi banyak pepohonan.

6. Selera Tinggi

Kim memiliki selera tinggi, termasuk soal minuman dan fesyen. Kim disebut mengonsumsi minuman keras impor dan kaviar, memiliki sepatu Nike seharga 200 dolas AS atau Rp2,7 juta per pasang, serta rokok dari Yves Saint Laurent.

Dia juga diyakini memiliki yacht sepanjang sekitar 80 meter yang dirancang khusus untuknya.

7. Operasi Plastik demi Menyerupai Kakeknya

Ada rumor yang menyebut Kim Jong Un melakukan operasi plastik. Untuk beberapa orang, operasi plastik dilakukan untuk menunjang penampilan, namun tujuan Kim adalah agar terlihat serupa seperti kakeknya, Kim Il Sung.

Kim disebut ingin tampil sebagai figur ayah bagi warga Korut. Kim Il Sung sendiri dikenal sebagai 'presiden abadi' negara, jadi tidak mengherankan jika Kim bercita-cita menjadi seperti dia.

BBC melaporkan, agen mata-mata Korsel memberikan laporan soal berat badan Kim. Layanan Intelijen Nasional mengklaim Kim berhasil menambah berat badannya dengan drastis karena operasi.

Beberapa pihak juga berpikir dia dengan sengaja menambah berat badan atau menjalani operasi untuk terlihat lebih besar dari yang ukuran badan yang sebenarnya.

Pada 2013, Business Insider melaporkan, sumber terpercaya menyebut Kim menjalani operasi plastik. Dia dilaporkan tidak hanya melakukan sekali, namun enam kali operasi plastik, termasuk di bagian kakinya.

8. Penggemar Bola Basket dan Jackie Chan

Kim juga menggemari bola basket dan fans Michael Jordan, Kobe Bryant, dan Dennis Rodman. Dia dilaporkan menonton pertandingan televisi dari Asosiasi Basket Nasional AS. Buktinya, dia mengundang Dennis Rodman ke Korut pada 2013.

Kim sudah bertemu dengan mantan bintang NBA Dennis Rodman tiga kali.

“Saya cukup dekat dengannya dengan fakta dia dapat mendiskusikan apa pun dengan saya. Tapi kesepakatannya adalah saya tidak membahas politik karena itu bukan pekerjaan saya. Pekerjaan saya adalah menjadi manusia, untuk mencoba dan berkomumikasi dengan dia," ujar Rodman, dalam reality show 'The Late Show with Stephen Colbert'.

Ada pula rumor yang menyebut Kim adalah fans berat Jackie Chan. Dia disebut menyukai segala sesuatu yang berkaitan dengan aktor itu.

9. Sempat Menghilang

Pada September hingga Oktober 2014, Kim secara tidak terduga absen dari dua acara publik tingkat tinggi dan menghilang dari publik. Hal itu memicu spekulasi tentang kesehatannya. Analis menyebut berbagai penjelasan, mulai dari diabetes hingga asam urat, untuk menjelaskan absennya Kim.

Ada spekulasi yang menyebut Kim digulingkan oleh kudeta politik. Setelah menghilang dari pandangan publik selama sekitar enam pekan, Kim dilaporkan memiliki kista yang harus diangkat dari pergelangan kaki kanannya.

Foto-foto Kim berjalan dengan bantuan tongkat juga sempat tersebar di media.

10. Warga Korut Tak Boleh Pakai Nama Kim Jong Un

Kim melarang warganya mempunyai nama yang mirip atau sama dengan dirinya. Bahkan seluruh pejabat pemerintah dengan nama Kim Jong Un wajib mengganti nama. Informasi ini rupanya bocor dan disiarkan oleh sebuah program televisi Korsel, saat sebuah dokumen rahasia negara terungkap.

"Dalam dokumen negara itu disebutkan, seluruh anggota partai dan pejabat keamanan publik harus mendata seluruh yang memiliki nama Kim Jong Un. Mereka yang mempunyai nama mirip, harus dengan sukarela mengubahnya," demikian laporan program televisi tersebut, seperti dilansir Daily Mail.

Dalam kebijakan itu disebutkan, siapa saja pemilik dokumen, ijazah, kartu identitas, dan akte kelahiran dengan nama Kim Jong Un harus segera diganti sesegera mungkin dan memperoleh nama baru.

Bahkan jika ada bayi baru lahir yang diberi nama Kim Jong Un harus ditolak. Tidak diketahui alasan pelarangan penggunaan nama tersebut.

Namun, nama pendiri Korea Utara, Kim Il Sung, serta anaknya, Kim Jong Il yang merupakan ayah dari Kim Jong Un, juga dilarang digunakan oleh warganya.

Tak hanya itu, warga Korut juga akan langsung dibunuh jika ketahuan menonton drama Korsel.


Editor : Nathania Riris Michico