Usai Bertemu Kim, Trump: Dunia Terhindar dari Malapetaka Nuklir

Anton Suhartono ยท Rabu, 13 Juni 2018 - 10:05 WIB
Usai Bertemu Kim, Trump: Dunia Terhindar dari Malapetaka Nuklir

(Foto: AFP)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

WASHINGTON, iNews.id - Pertemuan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un berperan dalam membawa dunia keluar dari bencana nuklir.

"Dunia telah mengambil langkah besar keluar dari potensi malapetaka nuklir," cuit Trump, seperti dikutip dari AFP, Rabu (13/6/2018).

Hasil pertemuannya dengan Kim menyepakati bahwa Korut tidak lagi menguji coba senjata nuklir atau menelitinya

"Tidak ada lagi roket yang diluncurkan, uji coba nuklir atau penelitian," ujarnya.

Lebih lanjut pertemuan yang berlangsung di Singapura itu juga membawa angin segar bagi para korban penculikan yang terpisah dengan keluarga mereka. Saat ketegangan Korea dengan Barat, banyak warga asing yang diculik oleh Korut, seperti Jepang, Korea Selatan (Korsel), termasuk AS.

"Terima kasih untuk Pemimpin Kim, hari kita bersama merupakan sejarah," kata Trump.

Trump menekankan apa yang Korut bisa peroleh dengan melucuti senjata nuklirnya dan bergabung kembali dengan komunitas internasional.

"Tidak ada batasan untuk apa yang NoKo (Korut) bisa capai ketika menyerahkan senjata nuklirnya dan merangkul perdagangan dan ikatan dengan dunia. Ketua Kim memiliki kesempatan sebelumnya untuk diingat sebagai pemimpin yang membawa era baru keamanan dan kemakmuran bagi warganya!" tulis Trump.


Editor : Anton Suhartono