Hari Ini Majelis Umum PBB Voting soal Kebrutalan Israel di Gaza

Anton Suhartono ยท Rabu, 13 Juni 2018 - 11:53 WIB
Hari Ini Majelis Umum PBB Voting soal Kebrutalan Israel di Gaza

(Foto: AFP)

NEW YORK, iNews.id - Majelis Umum PBB akan menggelar pemungutan suara, Rabu (13/6/2018), untuk mengesahkan draft usulan mengutuk Israel atas serangan di Gaza, Palestina, yang menyebabkan lebih dari 120 orang tewas.

Draft itu ditentang oleh Amerika Serikat (AS). Duta Besar AS untuk PBB Nikki Haley mengecam usulan yang diajukan negara-negara Arab itu karena dianggap tidak seimbang dan tak mendasar.

Haley mempertanyakan mengapa negata Arab tak menyebut Hamas turut bertanggung jawab.

"Setiap resolusi yang berfokus pada perlindungan warga sipil di Gaza harus mengakui tindakan-tindakan Hamas yang tidak stabil dan sembrono, membahayakan kehidupan dan mata pencaharian warga sipil tidak bersalah," tulis Haley, dalam suratnya kepada para dubes berbagai negara.

Isi draft yang disusun negara Arab mengutuk Israel atas penggunaan "kekuatan berlebihan, tidak proporsional, dan tidak pandang bulu" terhadap warga sipil Palestina serta menyerukan langkah-langkah perlindungan bagi warga Palestina di Gaza dan Tepi Barat yang diduduki Israel.

Namun sebelum menyetujui draft itu, sebanyak 193 negara anggota Majelis Umum PBB akan menentukan apakah menyetujui usulan AS yang mengecam Hamas terkait kekerasan di Gaza.

Para dubes berharap usulan AS gagal dan sebaliknya mendukung resolusi yang diusulkan negara Arab. Namun belum jelas berapa banyak suara yang digalang.

Negara-negara Arab mendukung langkah untuk mengajukan draft ini ke Majelis Umum setelah AS menggunakan hak vetonya di Dewan Keamanan untuk memblokir resolusi yang diusulkan pada 1 Juni itu.

Draft itu diajukan oleh Aljazair dan Turki atas nama Liga Arab dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).


Editor : Anton Suhartono