Ditanya Kontribusi untuk Palestina, Ini Cuitan Hidayat dan Fadli

Azhar Azis · Rabu, 13 Juni 2018 - 22:51 WIB

Kritik Hidayat Nur Wahid dan Fadli Zon di media sosial. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kritik Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon atas kepergian Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf ke Israel turut meramaikan perbincangan di media sosial (medsos). Di antara cuitan Fadli, "Kunjungan Yahya Staquf ke Israel Cacat Moral."

Kritik kedua tokoh itu pun dipersoalkan oleh Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas. Yakut mempertanyakan peran dan kontribusi Fadli Zon dan Hidayat untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Keduanya diminta tak hanya mengkritik, tapi apa tindakan nyatanya?

Fadli punya dokumentasi video atas kunjungannya ke luar negeri yang berkaitan dengan pembelaan atas kemerdekaan Palestina. Fadli pun mengunggah video soal Palestina tersebut lewat akunnya di Twitter. Begitu juga dengan Hidayat.

Salah satunya, akun @fadlizon mengunggah sebuah video sidang IPU ke-138 di Jenewa. "Pd sidang IPU ke-138 di Jenewa, sy brsm @DPR_RI menyatakan dukungan untuk Palestina dan mengecam tindakan AS mengenai status Kota Yerusalem sbg ibu kota Israel. Point emergency item terkait Palestina dpt dukungan 843 suara parlemen dunia."

Dia juga menulis, "Cuplikan video saat sy bersama delegasi @DPR_RI hadir pd Sidang Inter Parliamentary Union (IPU) ke-138 di Gedung CICG, Jenewa, Swiss (23/3/2018). Sy sampaikan kecaman untuk Israel."

Hidayat juga membeberkan sejumlah kegiatannya berkaitan dengan Palestina lewat akun @hnurwahid. "Yg saya lakukan pd Palestina? al sbg Ketua BKSAP DPRI ke Gaza, sampaikn bantuan bangun RS Indonesia(2011). Di forum IPU menangkan agenda bela Palestina. 9/5/2018 pimpin delegasi PKS,jumpa kdubes AS di Jkt,bela Palestina&tolak keputusan DTrump ttg Jerusalem."

Akun Mohammad Nuruzzaman, @noeruzzaman menulis, "@fadlizon menghina kiai kami kiai @Staquf , saya nyatakan kampanye gembosi @Gerindra. @hnurwahid menghina kiai @Staquf saya akan kampanye gembosi PKS. Kita lihat.@TsamaraDKI @GunRomli @elmoerif @wprasetyo73 @qitmr

Menjawab cuitan itu, Fadli mengatakan dirinya tidak menghina, tapi mengkritik. "Gerindra: Fadli Zon Mengkritik, Bukan Menghina Yahya Staquf," katanya.


Editor : Azhar Azis

KOMENTAR