Chef Hotel JW Marriott Marquis Dipecat karena Menghina Islam

Anton Suhartono · Jumat, 15 Juni 2018 - 06:01 WIB

Atul Kocchar (Foto: Getty Image)

DUBAI, iNews.id - Chef Hotel JW Marriott Marquis ubai, Uni Emirat Arab, Atul Kocchar, dipecat karena pernyataannya di akun media sosial yang menghina Islam. Dia menyebut umat Islam meneror kalanga Hindu selama ribuan tahun.

Tak pelak, setelah posting-an itu beredar luas, hotel langsung memecatnya. Setelah itu, Koochar meminta maaf atas pernyatannya.

Komentar itu di-posting Kocchar ditujukan kepada artis India, Priyanka Chopra. Perempuan cantik itu dikecam terkait episode terbaru acara televisi, Quantico, yang membahas nasionalis Hindu.

"Sangat menyedihkan mengetahui Anda (Chopra) tidak menghormati sentimen Hindu yang telah diteror oleh Islam selama 2000 tahun. Anda memalukan," tulis Kocchar.

Posting-an ini sudah dihapus lalu Kocchar menyematkan gambar pernyataan maaf dan penyesalannya. Apalagi, pernyataan itu dianggap menunjukkan ketidaktahuan Kocchar tentang Islam. Padahal, Islam baru ada sekitar 1.400 tahun lalu setelah Nabi Muhammad diutus.

"Tidak ada pembenaran untuk tweet saya, kesalahan besar yang dibuat dalam panasnya momen pada Minggu. Saya sepenuhnya menyadari ketidakakuratan bahwa Islam didirikan sekitar 1.400 tahun lalu dan saya dengan tulus meminta maaf. Saya bukan orang Islamofobia, saya sangat menyesalkan komentar saya yang telah menyinggung banyak orang," katanya.

Namun pernyataan maaf itu tak membuat restoran di JW Marriott Marquis untuk menerimanya kembali. Apalagi, muncul seruan dari warganet untuk memboikot restoran tempatnya bekerja.  Kocchar dipecat pada Rabu (13/6).

"Kami bangga menciptakan budaya keberagaman dan inklusi bagi para tamu dan rekan di hotel dan restoran kami," kata seorang juru bicara hotel, dikutip dari BBC, Kamis (14/6/2018).

Kocchar cukup dikenal di kalangan chef dunia. Dia merupakan orang India kedua yang mendapat bintang Michelin yakni pada 2007 untuk restoran Benares di London.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR