Geopark Indonesia

Menikmati Keindahan Stalaktit di Gua Sulaiman

iNews ยท Senin, 19 Februari 2018 - 09:24 WIB
Menikmati Keindahan Stalaktit di Gua Sulaiman

Gua Sulaiman berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulu Saraung (Babulsar), tepatnya di Dusun Pattunuang, Semangki, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Foto: iNews.id)

MAROS, iNews.id - Perjalanan di taman bumi kali ini adalah menelusuri Gua Sulaiman. Gua dengan fisik horizontal itu berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulu Saraung (Babulsar), tepatnya di Dusun Pattunuang, Semangki, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Untuk menuju ke Gua Sulaiman, pengunjung membutuhkan waktu sekitar 2 jam atau 50 kilometer (Km) dari kampus Universitas Hasanuddin (Unhas). Sementara untuk menelusuri goa tersebut, pengunjung harus membawa air secukupnya dikarenakan sumber air hanya berada di sekitar rumah warga.

Keindahan Gua Sulaiman terlihat dari bagian dalam. Air yang mengalir dari rongga-rongga batuan terus menetes dan mengeras membentuk stalaktit dan stalagmit. Di mana stalaktit hanya mampu tumbuh 0.33 milimeter dalam setahun atau 3 tahun untuk tumbuh 1 cm.

Karena prosesnya yang lama, pengunjung yang masuk sangat disarankan tidak menyentuh tetesan air, karena dapat menghentikan proses alami stalaktit.

Video Editor: Khoirul Anfal


Editor : Dani Dahwilani