Ribuan Umat Muslim Khusyuk Salat Id di Masjid Istiqlal

Wildan Catra Mulia · Jumat, 15 Juni 2018 - 08:31 WIB

Ribuan umat Muslim saat menunaikan salat Id di Masjid Istiqlal. (Foto: iNews/Wildan Catra Mulia)

JAKARTA, iNews.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) bersama ribuan umat Muslim khusyuk melaksanakan salat Id dan mendengarkan khotbah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).

Pantauan iNews.id, JK datang ke dalam masjid pukul 06.40 WIB dan langsung mengambil saf salat paling depan. Tak hanya JK, di sana sudah ada Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Seusai menunaikan salat id, ribuan umat mendengarkan khotbah yang bawakan oleh Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa Aa Gym. Dalam khotbahnya, Aa Gym mengingatkan para jamaah untuk mengambil hikmah dalam menjalankan ibadah puasa yang baru saja selesai dilaksanakan.

"Hikmah dari Ramadan adalah menjadi orang yang jujur, karena orang yang merasa ditantang Allah akan merasa puas. Jujur adalah pangkal kebaikan karena sidiq (jujur) ini mengantarkan pada kebaikan, kebaikan akan mengantarkan kepada surga," kata Aa Gym dalam khotbah di Masjid Istiqlal, Jakarta (15/6/2018).

Aa Gym mengungkapkan, jika orang sudah jujur namun mendapatkan hinaan, itu justru lebih baik dari pada harus mendapat penghargaan tetapi memiliki sifat munafik.

"Orang yang jujur kepada diri sendiri akan bisa mengeluarkan air mata taubat. Kalau tidak bisa jujur ke diri sendiri, bagaimana ke orang lain. Jauh lebih baik dihina orang jarena kita jujur dari pada dipuja tapi karena munafik. Mudah-mudahan kita istiqamah dalam kejujuran," ujarnya.

Dia mengingatkan tidak ada kesuksesan kecuali ada kejujuran. “Harus diingat pula tidak pernah ada kehancuran kecuali diawali ketidakjujuran," tutur Aa Gym.

Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri melalui akun twitter yang dimilikinya. "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H, Taqaballahu Minna Wa Minkum. Mohon maaf lahir bathin," demikian cuitan JK lewat akun Twitter resmi @Pak-JK, Jumat (15/6/2018).


Editor : Donald Karouw

KOMENTAR