Besok Masa Tenang Pilkada, KPU Jamin Distribusi Logistik Rampung

Mula Akmal ยท Sabtu, 23 Juni 2018 - 12:37 WIB
Besok Masa Tenang Pilkada, KPU Jamin Distribusi Logistik Rampung

Pekerja menaikkan kotak suara ke truk di kantor KPU Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, untuk didistribusikan, Senin (11/6/2018). (Foto: Antara/Destyan Sujarwoko).

JAKARTA, iNews.id – Pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tinggal hitungan hari. Rabu (27/6/2018), Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pemungutan suara di 171 daerah.

Berdasarkan data KPU, hari ini tahapan pilkada merupakan hari terakhir kampanye terbuka dan debat publik. Adapun Minggu hingga Selasa (24-26/6/2018) memasuki masa tenang dan pembersihan alat peraga kampanye.

”Rabu dilaksanakan pemungutan suara dan penghitungan surat suara di TPS (tempat pemungutan suara),” ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Wahyu menegaskan kesiapan KPU menyelenggarakan pemungutan suara pilkada serentak 2018. Persiapan tersebut dimulai dari pendistribusian logistik serta sosialisasi penggunaan data diri untuk bisa menggunakan hak pilih di TPS.

“Distribusi formulir undangan pemungutan suara atau C-6 sudah disebar ke 171 daerah yang menyelenggarakan pilkada,” ujarnya.

BACA JUGA: Kotak Kosong Menang Pilkada, KPU Gelar Pemilihan Ulang

Sebanyak 171 daerah menyelenggarakan pilkada tahun ini, terdiri atas 17 provinsi, 115 kabupaten dan 39 kota. Dari jumlah tersebut, 15 daerah hanya diikuti pasangan calon tunggal alias melawan kotak kosong.

Mengenai hak pilih, KPU berupaya maksimal agar semua warga yang datang ke TPS bisa mencoblos. Upaya itu antara lain tertuang dalam peraturan KPU mengenai penggunaan C-6, e-KTP, dan surat keterangan (suket) sebagai identitas diri untuk bisa memakai hak pilih.

Koordinasi dengan pemerintah juga dilakukan agar bisa terus melayani perekaman data e-KTP yang dilakukan oleh warga. KPU juga gencar sosialisasi agar semakin banyak warga yang bersedia datang merekam data.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin penyelenggaraan Pilkada 2018 berlangsung aman, lancar, dan damai.

Terkait distribusi logistik, Wiranto mengakui ada kerusakan di beberapa daerah. Namun, itu sudah diproduksi ulang dengan baik sehingga pada hari H pemungutan suara sudah siap semua.


Editor : Zen Teguh