7.507 Penumpang Tiba di Terminal Kalideres, Banyak Pemudik Ajak Teman

Miftahul Ghani · Minggu, 24 Juni 2018 - 16:47 WIB
7.507 Penumpang Tiba di Terminal Kalideres, Banyak Pemudik Ajak Teman

Penumpang bus tiba di Terminal Kalideres. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Hari terakhir arus balik Lebaran Minggu (24/6/2018), Terminal Bus Kalideres, Jakarta Barat, masih dipenuhi penumpang. Tidak sedikit penumpang yang membawa rekannya dari kampung untuk mengadu nasib di Jakarta.

Sutrisno, pria asal Jepara ini diajak rekannya yang sudah berada di Jakarta. Rencananya, Sutrisno bersama 12 rekan lainnya akan mengadu nasib dengan bekerja sebagai kuli bangunan di wilayah Jakarta Barat.

“Ada teman menawari kerja di proyek, jadi kita sudah ada tujuan. Kita ada 13 orang dari Jepara,” kata Sutrisno di Terminal Kalideres, Minggu (24/6/2018).

Sulitnya mencari lapangan pekerjaan di kampung halaman menjadi alasan Sutrisno berangkat ke Jakarta. Menurutnya, ini pengalaman pertama dia mengadu nasib di Ibu Kota.  

“Kalau teman-teman ini sudah biasa, nanti kelar proyek tiga bulan pulang terus balik lagi ke Jakarta,” ujar dia.

Puncak arus mudik di Terminal Kalideres terjadi Kamis (21/6/2018). Jumlah penumpang yang tiba dalam sehari mencapai 9.000 orang. Hari ini (H+8) sedikitnya 7.507 penumpang tiba di terminal dengan didominasi berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Lampung.

“Hari ini jadi puncak mudik kedua. Data yang kami himpun sampai pukul 13.00 WIB penumpang tiba ada 7.507 orang dengan 244 bus,” kata Kepala Terminal Bus Kalideres Revi Zulkarnain.

Dia menyebutkan, jumah penumpang tiba di hari terakhir arus balik Lebaran ini lebih banyak ketimbang H+7 atau sehari sebelumnya, yakni 7.411 penumpang dengan 296 bus.

“Kami prediksi sampai pukul 24.00 WIB nanti malam mungkin bisa mencapai 8.000 penumpang, karena penumpang tiba mayoritas dari dini hari sampai pagi,” tuturnya.

Secara akumulatif, sepanjang arus balik Lebaran 2018, tercatat 49.333 penumpang dengan 2.420 bus tiba di Jakarta melalui Terminal Kalideres. Jumlah tersebut, meningkat cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya yakni 27.010 penumpang dengan 2.038 bus.

Menurut dia, peningkatan jumlah penumpang yang signifikan disebabkan sejumlah faktor, di antaranya mulai membaiknya kondisi jalan serta armada bus yang lebih nyaman. Termasuk juga angka kecelakaan bus dari Terminal Kalideres nihil untuk arus mudik tahun ini.

“Jalan sekarang sudah bagus, jalan tol juga sudah tersambung. Kalau dilihat dari pergerakan bus tiba dan berangkat tahun ini juga lebih baik dengan keterlambatan wajar. Tidak seperti tahun lalu yang keterlambatannya bisa enam atau tujuh jam,” papar Revi. 


Editor : Khoiril Tri Hatnanto