Koalisi Dikabarkan Merenggang, PKS Klaim Masih Mesra dengan Gerindra

Aditya Pratama ยท Selasa, 10 Juli 2018 - 21:44 WIB
Koalisi Dikabarkan Merenggang, PKS Klaim Masih Mesra dengan Gerindra

Koalisi Partai Gerindra dan PKS (ilustrasi). (Foto: SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku tetap menjalin hubungan harmonis dengan Partai Gerindra, walaupun tersiar kabar masing-masing partai tersebut menjagokan calon presiden (capres) yang berbeda.

Partai Gerindra sampai saat ini berkukuh ingin mengusung ketua umum mereka, Prabowo Subianto, menjadi capres. Sementara, PKS belakangan ini menjagokan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusung menjadi kandidat RI 1.

Anggota DPR dari Fraksi PKS, Habib Aboe Bakar Al Habsyi, mengeklaim hubungan Gerindra dan PKS tetap berjalan dengan baik. Dia juga memastikan komunikasi di antara dua partai tersebut sampai saat ini masih berjalan lancar.

“PKS dan Gerindra enjoy dan nyaman. Sebagai mitra koalisi kami juga akan tetap enjoy dan nyaman, tetapi nanti akan muncul dalam dialog (masalah capres),” kata dia di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

BACA JUGA:

Tak Masuk Daftar Capres PAN, PKS: Tunggu Putusan Akhir

Anies Baswedan Masuk Bursa Capres PAN, Begini Argumennya


Al Habsyi menuturkan, di setiap tahapan politik, dialog atau komunikasi menjadi suatu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Nantinya, dari hasil dialog tersebut akan menghasilkan pemikiran-pemikiran yang terbaik.

“Tetapi pada titik tertentu, kami akan ketemu. Bargaining-nya (hasil tawar-menawarnya) gimana, itu ada di last minute (menit terakhir sebelum pendaftaran capres). Sekarang kami berjuang maksimal,” tuturnya.

Sebelumnya Presiden PKS Sohibul Iman menyatakan siap mengantarkan Anies Baswedan menjadi capres penantang Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Kendati demikian, dia menyebut pencalonan Anies akan terjadi jika nantinya terjadi hal yang luar biasa. PKS, kata Sohibul, siap membantu mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) itu untuk merebut kursi RI 1.

Meski nama Anies kian mencuat disebut-sebut bakal maju di Pilpres 2019, namun Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon berkata lain. Menurut dia, hingga saat ini partainya masih konsisten kembali mengusung Prabowo di Pilpres 2019.


Editor : Ahmad Islamy Jamil