Taiwan Diterjang Badai Maria, 3.500 Orang Dievakuasi

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 11 Juli 2018 - 10:39 WIB
Taiwan Diterjang Badai Maria, 3.500 Orang Dievakuasi

Badai Maria menerjang wilayah Taiwan dan menyebabkan hujan lebat diserta angin kencang. (Foto: AFP)

TAIPEI, iNews.id - Badai Maria menerjang wilayah Taiwan dan menyebabkan hujan lebat diserta angin kencang. Akibatnya, hampir 3.500 warga di pulau terdampak dievakuasi dari rumah, Rabu (11/7/2018).

Dilaporkan AFP, lebih dari 2.000 tentara diterjunkan ke berbagai wilayah untuk membantu mengevakuasi warga. Sekitar 43.000 rumah tidak mendapat aliran listrik dan ratusan jadwal penerbangan dibatalkan.

Hujan lebat disertai angin kencang diperkirakan masih akan menerjang Taiwan hingga Rabu malam. Pemerintah memperingatkan warga untuk menghindari pantai yang gelombangnya mencapai sembilan meter.

Pemerintah belum merilis data resmi korban. Namun laporan media lokal menyebut seorang pria tewas akibat jatuh saat memeriksa jendela rumah.

Tayangan televisi lokal juga menunjukkan banyak pohon tumbang menutup beberapa jalan di pegunungan di utara Taipei.

Sekolah-sekolah dan kantor-kantor di beberapa wilayah Taiwan masih ditutup hari ini.

Maria merupakan badai topan pertama di musim panas 2018 di Taiwan. Pada 2017, lebih dari 100 orang terluka saat Topan Nesat menghantam pulau itu, menyebabkan banjir dan gangguan listrik.

Peringatan badai juga dikeluarkan untuk wilayah paling selatan Jepang saat badai melewati Okinawa. Namun hingga kini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa.


Editor : Nathania Riris Michico