Bos Amazon Bezos Siap Bawa Wisatawan ke Luar Angkasa, Ini Ongkosnya

Anton Suhartono ยท Sabtu, 14 Juli 2018 - 07:01 WIB
Bos Amazon Bezos Siap Bawa Wisatawan ke Luar Angkasa, Ini Ongkosnya

Pesawat New Sephard (Foto: Blue Origin)

SEATTLE, iNews.id - Pendiri Amazon yang juga orang terkaya di dunia versi Forbes, Jeff Bezos, yakin bisa mengantar orang berwisata ke luar angkasa mulai tahun depan menggunakan pesawat bernama New Shepard.

Dua sumber di perusahaan roket Bezos, Blue Origin, menyatakan, biaya yang dikenakan kepada turis ke luar angkasa kemungkinan antara 200.000 sampai 300.000 dolar AS atau sekitar Rp3 miliar sampai Rp4,3 miliar per orang.

Perusahaan masih harus memastikan besaran ongkos perjalanan New Shepard dan peluang pasar dari perjalanan wisata fantastis itu. Harga tiket tentunya juga ditentukan dari biaya produksi roket.

Pada bulan lalu, pejabat perusahaan mengatakan, uji terbang New Shepard dengan mengangkut penumpang akan dilakukan dalam waktu dekat. Tapi, tiketnya baru mulai dijual tahun depan.

Blue Origin sudah memperkenalkan desain kendaraan New Shepard, yakni terdiri dari roket peluncur dan kapsul sebagai kabin penumpang. Kapsul tersebut bisa dipisahkan dari roket.

New Sephard didesain sebagai pesawat luar angkasa otonom atau bisa terbang sendiri tanpa dikendalikan dari dalam.

Berdaya tampung enam orang, pesawat mampu terbang hingga ketinggian lebih dari 100 kilometer di atas Bumi dan masuk ke ruang suborbital. Ketinggian itu sudah cukup bagi seseorang merasakan gravitasi nol yang alami serta melihat lengkungnya Bumi selama beberapa menit. Kapsul lalu akan kembali mengandalkan parasut.

Kapsul didesain memiliki enam jendela observasi dengan tinggi hampir tiga kali dari Boeing 747.

Blue Origin telah merampungkan delapan kali uji terbang New Shepard di Texas dengan sistem lepas landas dan mendarat vertikal. Namun dalam pengujian itu tidak disertai penumpang. Dua kali pengujian hanya menggunakan boneka dummy yang disebut Mannequin Spywalker.

Rencananya, dalam beberapa pekan, perusahaan akan menguji kapsul pengaman New Shepard di luar angkasa. Kapsul itu ibarat skoci yang menyelamatkan penumpang jika terjadi masalah dengan pesawat.


Editor : Anton Suhartono