Tim Arkeolog UI Dorong Situs Gunung Padang Jadi Warisan Dunia UNESCO

Antara ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 18:20 WIB
Tim Arkeolog UI Dorong Situs Gunung Padang Jadi Warisan Dunia UNESCO

Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. (Foto: iNews.id/Dok)

JAKARTA, iNews.id – Tim arkeolog dari Universitas Indonesia (UI) saat ini tengah melakukan kajian untuk mendorong pemerintah agar mengusulkan Situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, masuk warisan budaya dunia (world heritage) kepada Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Ketua tim tersebut, Ali Akbar mengatakan, rencana pengajuan Situs Gunung Padang menjadi warisan budaya dunia sebenarnya sudah muncul sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi, sampai sekarang belum ada langkah konkret yang dilakukan untuk memenuhi setiap tahapan ke arah situ.

Kini, tim peneliti yang dipimpinnya berusaha mendorong pemerintah agar segera mengajukan rencana tersebut lantaran proses penetapan world heritage memakan waktu cukup lama sampai terealisasi. “Hasil kajian kami akan dijadikan bahan untuk menyusun dokumen, sedangkan dasar pengajuan berdasarkan hasil penelitian situs beberapa tahun ke belakang,” kata Ali di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Berdasarkan hasil penelitian timnya, Situs Gunung Padang sudah berdiri ribuan tahun sejak sebelum Masehi (SM). Temuan itu sekaligus menjadi bukti kecerdasan manusia Indonesia zaman dulu dalam bidang arsitektur. Karenanya, Situs Gunung Padang sudah cukup untuk dapat diajukan sebagai situs warisan budaya dunia.

BACA JUGA: Situs Gunung Padang Diperkirakan Sudah Berusia 14.000 Tahun

Bahkan, kata Ali, dari lapisan paling atas situs itu pun, sudah memenuhi syarat untuk menjadi world heritage karena menujukan kecerdasan di bidang bangunan oleh manusia pada masa itu. “Hanya dengan menumpuk batu dapat bertahan sampai sekarang dengan kondisi yang masih asli. Jika digali lagi lebih dalam, waktunya masih cukup, tinggal kesanggupan dari pemerintah,” ujarnya.

Kajian yang diajukan Ali dan kawan-kawan menjadi bagian dari program Direktorat Riset dan Pengabdian pada Masyarakat UI. Program ini sekaligus bentuk kepedulian perguruan tinggi tersebut terhadap warisan peradaban di Tanah Air.

“Hasil kajian ini akan dibuat menjadi buku dan akan diserahkan pada pemerintah. Masyarakat dapat membaca buku tersebut dan akan disampaikan dalam seminar untuk umum, sehingga warga turut mengusulkan agar prosesnya lebih cepat,” kata Ali.

Tim arkeolog pimpinannya berharap kajian dan dokumen tersebut dimasukkan ke dalam daftar sementara (tentative list) situs warisan budaya dunia untuk kemudian disidangkan oleh UNESCO. Dia berpendapat, pentingnya Situs Gunung Padang masuk dalam daftar world heritage karena dapat menjadi sarana promosi dan perlindungan, terlebih situs tersebut akan menjadi catatan penting terkait peradaban dunia.


Editor : Ahmad Islamy Jamil