Pendaftaran Caleg Masih Sepi, KPU: Tidak Ada Penambahan Waktu

Aditya Pratama · Jumat, 13 Juli 2018 - 19:12 WIB

Ilustrasi (SINDOnews)

JAKARTA, iNews.id- Sejak pendaftaran calon anggota legislatif (caleg) dibuka pada 4 Juli lalu, hingga kini belum ada satu pun partai politik yang menyerahkan daftar dan berkas caleg ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Padahal, akhir masa pendaftaran caleg tinggal empat hari lagi.

Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan, pihaknya akan membuka pendaftaran caleg hingga Selasa, 17 Juli 2018. Pada hari terakhir tersebut, KPU membuka pelayanan sampai pukul 00.00 WIB. Setelah itu, KPU tidak akan menambah waktu pendaftaran.

"Tidak ada perpanjangan waktu karena sosialisasi sudah dilakukan sudah sejak 4 Juni dan sudah diinformasikan secara masif," kata Ilham Saputra di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (13/7/2018).

Ilham mengingatkan kepada partai politik agar menyiapkan kelengkapan berkas yang harus dipenuhi karena waktu pendaftaran semakin mepet. "Sehingga tidak adalagi penolakan untuk kemudian kami verifikasi. Kita harapkan tidak ada hal yang mungkin kita kembalikan kepada mereka," kata Ilham.

Dia juga meminta agar partai politik yang sudah siap agar tidak menunda waktu hingga batas akhir pendaftaran untuk mengatisipasi kurangan dalam pendataan.

"Kami mengimbau kepada seluruh partai politik agar tidak mendaftarkan di hari-hari terakhir karena ketika kami verifikasi, berkas (yang) masih kurang bisa dengan cepat dilakukan perbaikan," katanya.

Ilham khawatir dengan proses verifikasi berkas yang sangat mepet, caleg akan kesulitan memperbaiki kekurangannya. "Ketika mereka tidak mampu memperbaiki kekurangan setelah dilakukan verifikasi, akhirnya akan menjadi persoalan," katanya.


Editor : Azhar Azis

KOMENTAR