Kronologi Eni Saragih Ditangkap KPK di Rumah Mensos Idrus Marham

Felldy Utama, Ilma De Sabrini ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 20:20 WIB
Kronologi Eni Saragih Ditangkap KPK di Rumah Mensos Idrus Marham

Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Saragih. (Foto: Istimewa).

JAKARTA, iNews.id – Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Golkar Eni Maulani Saragih ditangkap petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Eni ditangkap di rumah dinas Menteri Sosial Idrus Marham di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Jumat (13/7/2018) sore.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengungkapkan, selain Eni, ditangkap delapan orang lain yang terdiri atas staf ahli, sopir, dan swasta.

”Ditemukan bukti-bukti telah terjadi transaksi antara swasta dan penyelenggara negara. KPK mengamankan uang Rp500 juta. Kami duga terkait dengan tugas di Komisi VII DPR RI,” kata Basaria di Jakarta, Jumat (13/7/2018).

Wasekjen Partai Golkar Maman Abdurahman menuturkan kronologi kejadian tersebut. Pada Jumat siang, berlangsung acara ulang tahun kecil-kecilan di rumah Idrus. Acara itu dihadiri sejumlah pejabat Kemensos, keluarga, dan beberapa kolega Idrus. Turut hadir Eni Saragih dan dirinya.

Menurut Maman, sekitar pukul 15.00 WIB datang petugas KPK menemui Eni dan memintanya ikut ke kantor KPK untuk dimintai keterangan.

”Saat meminta itu petugas KPK menunjukkan dengan menunjukkan sprindik (surat perintah dimulainya penyidikan),” kata dia saat dihubungi iNews.id, Jumat (13/7/2018).

Setelahnya, sekitar pukul 15.15 WIB Eni izin pamit pergi bersama KPK. Maman mengklarifikasi pemberitaan yang menyebut Eni kena OTT. ”Namun lebih tepatnya KPK menjemput ES di rumah Pak Mensos,” kata dia.

Sampai sekarang dia belum mengetahui terkait apa Eni dijemput oleh KPK. Dia pun menunggu keterangan resmi dari lembaga antirasuah terkait kejadian itu.


Editor : Zen Teguh