Letjen TNI Andika Perkasa Jabat Pangkostrad

Irfan Ma'ruf ยท Jumat, 13 Juli 2018 - 21:46 WIB
Letjen TNI Andika Perkasa Jabat Pangkostrad

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyalami Letjen TNI Andika Perkasa beberapa waktu lalu. (Foto: Kapuspen TNI).

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI. Sebanyak 29 perwira tinggi (pati) dan menengah (pamen) yang kini dirotasi.

Mutasi tertuang dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/673/VII 2018 tanggal 13 Juli 2018 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Dalam surat mutasi tersebut Komandan Kodiklat TNI Letjen TNI Andika Perkasa dipromosikan menjabat Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad). Andika menggantikan Letjen TNI Agus Kriswanto yang dimutasi sebagai Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun.

Dengan jabatan baru ini praktis Andika hanya 6 bulan menjabat Dankodiklat. Menantu mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono itu sebelumnya ditunjuk sebagai pemegang tongkat komando tertinggi di Kodiklat berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/12/I/2018 tertanggal 4 Januari 2018.

BACA JUGA: Dimutasi sebagai Dankodiklat, Menantu Hendropriyono Resmi Jenderal Bintang Tiga

Di matra TNI AD, tak dimungkiri Andika termasuk Pati TNI yang kariernya melesat. Tanda-tanda itu sudah terlihat ketika lulusan Akmil 1987 ini meraih jenderal bintang satu dengan menjabat sebagai Kadispen TNI AD pada 2013.

Namanya benar-benar menjadi pusat perhatian ketika hanya dalam tempo 11 bulan dipromosikan sebagai Komandan Paspampres. Artinya, di pundak Andika tersemat bintang dua. Lepas dari Danpaspamres, tentara kelahiran Bandung, Jawa Barat ini dipercaya sebagai Pangdam XII/Tanjungpura.

Dalam surat mutasi ini, posisi yang ditinggalkan Andika dipercayakan kepada Mayjen TNI AM Putranto yang saat ini menjabat sebagai Pangdam II/Sriwijaya. Promosi jabatan juga diterima Aslog KSAD Mayjen TNI Irwan yang akan menjabat Pangdam II/Sriwijaya.
 


Editor : Zen Teguh