12 Remaja yang Terjebak di Gua Thailand Diperbolehkan Pulang 19 Juli

Anton Suhartono · Sabtu, 14 Juli 2018 - 12:08 WIB

Para remaja yang terjebak di Gua Tham Luang, Thailand, dirawat di rumah sakit Chiang Rai (Foto: AFP)

CHIANG RAI, iNews.id - Sebanyak 12 remaja anggota tim sepak bola Wild Boars yang diselamatkan dari Gua Tham Luang dibolehkan pulang pada Kamis (19/7/2018).

Menteri Kesehatan Thailand, Piyasakol Sakolsatayadorn, mengatakan, kondisi kesehatan fisik maupun mental 12 remaja serta seorang asisten pelatih sudah jauh membaik. Namun mereka masih dalam pengawasan sampai benar-benar dinyatakan sembuh. Empat remaja diketahui pengalami infeksi paru dan telinga.

Selain faktor kesehatan, pihaknya juga mempersiapkan aspek lain karena pascakejadian ini mereka dalam sorotan publik.

"Kami harus mempersiapkan anak-anak dan keluarga mereka atas sorotan yang akan didapat setelah pulang," ujarnya, dikutip dari Reuters, Sabtu (14/7/2018).

Para korban diselamatkan dari gua setelah 18 hari terjebak. Mereka masuk ke gua pada 23 Juni usai latihan. Sedianya para pemain sepak bola junior dan asisten pelatih hanya menghabiskan waktu satu jam.

Namun begitu mereka masuk, hujan deras turun dan airnya menutup akses keluar. Gua pun dipenuhi air sehingga membuat mereka terjebak di dalam.

Korban pertama kali ditemukan oleh tim penyelam Inggris 10 hari setelah hilang. Namun karena kondisi gua yang penuh air serta beratnya medan, proses evakuasi ke luar baru bisa dilakukan pada Minggu (8/7). Evakuasi dilakukan dalam tiga tahap dan selesai pada Selasa (10/7) malam.


Editor : Anton Suhartono

KOMENTAR