Deklarasi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Jadi Sorotan Media Asing

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 10 Agustus 2018 - 09:24 WIB
Deklarasi Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi Jadi Sorotan Media Asing

Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. (Foto: Antara)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id - Deklarasi Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2019 tak hanya menjadi sorotan di dalam negeri. Mengutip dari beberapa media asing, nama Jokowi dan Prabowo serta cawapres mereka turut menjadi pemeberitaan di media-media internasional.

Kantor berita Inggris, Reuters, dalam artikelnya, menulis judul "Prabowo Subianto says to run again for Indonesian president in 2019 election".

"Mantan jenderal angkatan bersenjata Prabowo Subianto pada Kamis (9/8/2018) mengatakan akan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Indonesia 2019 dengan Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno sebagai pasangannya," demikian bunyi berita tersebut.

Baca Juga: Jokowi Pilih Maruf Amin: Ini Nasionalis dan Religius

"Presiden Joko Widodo sebelumnya pada hari Kamis mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri untuk periode kedua dengan ulama terkenal Amin sebagai kandidat wakil presiden."

Dalam artikel selanjutnya, Reuters menyoroti Jokowi sebagai petahana yang kembali mencalonkan diri. Bertajuk "Indonesian president picks cleric as running mate for election", Reuters menyebut Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.

Baca Juga: Deklarasi Prabowo-Sandi Maju Pilpres 2019

"Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan pada Kamis (9/8/2018) bahwa dia memilih ulama Islam berusia 75 tahun, Ma'ruf Amin, sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden tahun depan. Keduanya akan ditantang oleh mantan jenderal Prabowo Subianto dan calon wakil presiden, yakni Wakil Gubernur Jakarta, Sandiaga Uno," demikian isi berita tersebut.

"Indonesia, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan negara mayoritas Muslim terbesar, akan memberikan suara dalam pemilu pada April."

Dalam badan berita, Reuters menjabarkan keberhasilan yang dilakukan Jokowi selama empat tahun terakhir dalam agenda reformasi. Reuters juga menyebut Prabowo sebagai seorang nasionalis yang karismatik dengan hubungan kuat dengan umat muslim.

Baca Juga: Profil Sandiaga Uno, Pengusaha Muda yang Berlaga di Pilpres 2019

Disebutkan pula, Ma'ruf Amin merupakan pemimpin yang berpengaruh dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Sandiaga Uno sebagai salah satu tokoh yang berpengaruh di Jakarta.

Selain Reuters, ada pula media asing lain yang memberitakan deklarasi kedua pasangan capres-cawapres tersebut, antara lain Bussines Insider, The Straits Times, The Star, Bloomberg, dan Channel News Asia.

Baca Juga: Jadi Cawapres Jokowi, Ini Profil KH Maruf Amin

Dua media Malaysia, The Star dan Malay Mail, menuliskan deklarasi capres cawapres Indonesia bertajuk "Indonesian president picks cleric as running mate for election."

Media Singapura, The Straits Times, menautkan judul yang hampir serupa, yakni "Indonesia's Jokowi picks cleric Ma'ruf Amin as his running mate in 2019 presidential polls."

Sementara itu, media Amerika Serikat, Bloomberg, menyertakan judul "Indonesia’s Jokowi to Partner With Cleric in Bid for Second Term" dalam pemberitaan mereka.


Editor : Nathania Riris Michico