PAN Gabung Prabowo, Bagaimana Nasib Menteri Asman Abnur?

Felldy Utama · Jumat, 10 Agustus 2018 - 18:31 WIB
PAN Gabung Prabowo, Bagaimana Nasib Menteri Asman Abnur?

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. (Foto: Okezone/Dok).

JAKARTA, iNews.id - Partai Amanat Nasional (PAN) resmi mengusung pasangan Prabowo Subianto-Sandiga Uno dalam Pilpres 2019. Dukungan ini menimbulkan pertanyaan terhadap nasib Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur yang kader PAN.

Dengan masa sisa Kabinet Kerja yang tinggal setahun, Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Hanafi Rais mengistilahkan keberadaan menteri dari PAN di pemerintahan sekarang sebagai wakaf politik.

"Artinya itu sudah bukan lagi dimiliki sepenuhnya oleh partai, tapi tergantung penilaian presiden," kata Hanafi di Kantor KPU, Jakarta, Jumat, (10/8/2018).

BACA JUGA: Usai Salat Jumat, Prabowo-Sandiaga Menuju KPU

Hanafi menjelaskan, karena menteri merupakan pembantu presiden, menjadi otonomi kepala negara untuk menentukan masa depannya. Partai, kata dia, tidak terlalu mempersoalkan hal tersebut.

"Tapi kalau menteri yang bersangkutan punya pertimbangan lain, mau mundur, ya silakan saja," ujarnya.

Kendati demikian Hanafi menuturkan, jika sudah menjadi wakaf untuk bangsa, partai pun akan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo. ”Intinya itu tergantung Presiden karena sudah menjadi anak buahnya," kata dia.

Seperti diketahui, PAN mendukung pasangan Prabowo-Sandiaga bersama dengan Partai Gerindra, Partai Demokrat, dan PKS. Dengan demikian sikap PAN sama dengan Pilpres 2014 ketika mereka mendukung Prabowo Subianto-Hata Rajasa. Saat itu pun PAN berseberangan dengan Jokowi-JK.


Editor : Zen Teguh