Strategi Arab Saudi Agar Jamaah Haji Bisa Ibadah dengan Benar

Okezone ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 14:59 WIB
Strategi Arab Saudi Agar Jamaah Haji Bisa Ibadah dengan Benar

Ilustrasi, umat muslim menunaikan ibadah haji. (Foto: Afp).

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

MAKKAH, iNews.id – Persiapan Haji 1439 H, tahun ini sudah sangat matang. Kerajaan Arab Saudi telah membuat beberapa rencana administratif, teknis hingga pusat media. Termasuk program perluasan bagian ketiga Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah.

Imam Masjidil Haram Sheikh Abdulrahman Al-Sudais mengatakan, Kerajaan Arab Saudi terus berupaya agar para jamaah haji melakukan ritual ibadah secara benar. Salah satu caranya dengan menyebar dan memastikan para syekh, cendekiawan dan guru, terus mendampingi para jamaah.

“Rencana itu termasuk peliputan, keragaman dan ketaatan," ujar Abdulrahman saat menerima rombongan jurnalis dari sejumlah negara di kantornya, Minggu (12/8/2018).

Pihaknya juga mengatur agar para jamaah perempuan dan laki-laki dipisah saat melakukan ibadah, setidaknya tiga kali dalam sehari. Menurutnya, musim haji tahun ini, ada ratusan pintu yang disediakan untuk para jamaah haji.

Dia menyebutkan ada 210 pintu di Masjidil Haram dan 100 pintu di Masjid Nabawi. Kemudian ada 28 eskalator di Masjidil Haram, 38 untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus dan tujuh untuk wanita.

Selain itu antar lembaga dan kementerian juga saling bekerja sama dan koordinasi agar jamaah haji melaksanakan ibadah haji dengan tenang.

"Mulai kedatangan para jamaah, yang berlangsung dua bulan dari bulan pertama Zulhijjah (haji) hingga akhir Zulhijjah," katanya.


Editor : Kurnia Illahi