Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandi: Agar Kita Semua Terang Benderang

Rifan Rizaldi ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 16:10 WIB
Lapor Harta Kekayaan ke KPK, Sandi: Agar Kita Semua Terang Benderang

Cawapres Sandiaga Uno. (Foto: iNews)

Facebook Social Media Twitter Social Media Google+ Social Media Whatsapp Social Media

JAKARTA, iNews.id – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Uno akan melaporkan harta kekayaannya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (13/8/2018) besok. Rencananya Sandi akan mendatangi lembaga antirasuah itu setelah menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

“Besok saya ke KPK LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) memperbaharui,” kata Sandi di Jakarta, Minggu (12/8/2018).

Dia mengaku selalu melaporkan harta kekayaannya dalam kurun waktu tiga bulan sekali. Sandi ingin mendapat bukti laporan harta kekayaan dari KPK.

“Tentu LHKPN harus diperbaharui. Saya rutin tiga bulan lapor LHKPN, tetapi yang capres ini kan harus diperbaharui per 30 Juni,” ujar dia.

Pasangan capres Prabowo Subianto itu juga akan melaporkan harta miliknya yang akan digunakan untuk kampanye ke KPK. Sandi berharap, dengan melaporkan ke KPK hingga ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), persoalan dana akan lebih terbuka.

“Agar kita semua terang benderang, tidak benar mahar semua,” ucap dia.

LHKPN merupakan salah satu syarat untuk maju Pilpres. Hal tersebut ada dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilihan Umum. Laporan LHKPN juga tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tahapan Penyelenggaraan Pemilu, serta peraturan KPK Nomor 7 Tahun 2016.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto