12 Jam di RSPAD Tetap Bugar, Maruf Amin: Tawaf dan Sai Itu Lebih Berat

Felldy Utama · Minggu, 12 Agustus 2018 - 21:51 WIB
12 Jam di RSPAD Tetap Bugar, Maruf Amin: Tawaf dan Sai Itu Lebih Berat

Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Maruf Amin menyelesaikan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (10/8/2018) malam. (Foto: iNews.id/Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id – Pasangan bakal calon presiden (capres) dan wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin selesai menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Minggu (12/8/2018) malam. Keduanya mengaku tidak ada masalah kesehatan dan tidak mengalami kendala saat proses pemeriksaan berlangsung.

Keduanya terlihat masih segar meski menyelesaikan pemeriksaan kesehatan hampir 15 jam lebih.

“Tidak ada yang melelahkan. Dicek kok melelahkan, tidur dicek, pindah kamar dicek lagi, gitu aja,” kata Jokowi di RSPAD, Minggu (12/8/2018).

Jokowi mengaku selesai lebih cepat dibanding Maruf. Hal itu dikarenakan Ketua Majelis Ulama Indonesia itu baru pertama kali menjalani proses pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu kontestan pemilihan presiden.

“Waktunya saya sedikit lebih cepat. Karena mulainya lebih cepat saya. Saya sudah lima kali, wali kota dua kali, gubernur satu, capres satu, sudah hafal,” ujar Jokowi.

Sementara Maruf juga mengaku tidak lelah meski lebih dari 12 jam menjalani pemeriksaan kesehatan. Menurut dia, justru melelahkan saat menjalani proses ibadah haji.

“Tidak ada yang melelahkan. Lebih lelah keliling ke daerah-daerah atau haji atau tawaf dan sai itu lebih berat. Terima kasih kepada para dokter telah memberikan pelayanan luar biasa,” tutur Maruf.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto