Rabu, IDI Serahkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Jokowi-Maruf ke KPU

Felldy Utama ยท Minggu, 12 Agustus 2018 - 22:20 WIB
 Rabu, IDI Serahkan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Jokowi-Maruf ke KPU

Pasangan capres dan cawapres Jokowi-Maruf Amin menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Minggu (10/8/2018). (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah memberikan surat tanda selesai pemeriksaan kesehatan pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo-Maruf Amin. IDI akan menyerahkan hasil kesimpulan pemeriksaan kesehatan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Rabu (15/8/2018).

“Sesudah selesai semua. Dalam dua hari ke depan, mudah-mudahan Rabu akan kita sampaikan hasil kesimpulan ke KPU. Kepada yang bersangkutan (capres-cawapres), ketiga untuk file dari PB IDI sendiri,” kata Ketua Umum PB IDI Ilham Oetama Marsis di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Minggu (12/8/2018) malam.

Menurut dia, catatan yang diserahkan ke KPU merupakan hasil pemeriksaan kesehatan jasmani dan rohani masing-masing pasangan calon. Setelah itu, sepenuhnya diserahkan kepada KPU. Pengesahan capres-cawapres oleh KPU sendiri pada 20 September 2018.

“Hasil pemeriksaan itu apakah yang bersangkutan punya kemampuan dalam melaksanakan tugas secara fisik mandiri dalam jangka waktu lima tahun,” ujar dia.

Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Maruf Amin akhirnya menyelesaikan pemeriksaan kesehatan setelah hampir 15 jam lebih. Keduanya terlihat masih segar.

Jokowi mengatakan, meski butuh waktu cukup lama dalam proses pemeriksaan kesehatan, dirinya dan Maruf Amin mengaku masih dalam keadaan bugar. Mantan Wali Kota Solo itu mengaku selesai lebih cepat dibanding cawapresnya.

"Karena saya sudah lima kali pemeriksaan kesehatan, seperti (waktu) wali kota dua kali, gubernur sekali, kemudian capres seperti ini dua kali. Jadi tidak usah dibriefing lagi oleh tim dokter, sudah hafal,” kata Jokowi.


Editor : Khoiril Tri Hatnanto