Struktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin

Antara, Irfan Ma'ruf ยท Senin, 13 Agustus 2018 - 08:01 WIB
Struktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Maruf Amin

Calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo (Jokowi)-Maruf Amin. (Foto: iNews.id/ Felldy Utama).

JAKARTA, iNews.id - Partai politik (parpol) koalisi pendukung Joko Widodo (Jokowi) - Maruf Amin atau disebut Koalisi Indonesia Kerja (KIK) sudah merampungkan struktur tim kampanye nasional. Posisi tertinggi, yaitu dewan pengarah.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Johny G. Plate mengatakan, dewan pengarah beranggotakan para ketua umum parpol anggota KIK. Mereka bertanggung jawab untuk membuat strategi pemenangan.

Selanjutnya, ada dewan penasihat yang beranggotakan tokoh parpol dan tokoh masyarakat berafiliasi ke parpol anggota KIK. Posisi berikutnya, ada ketua tim kampanye nasional yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan pemenangan pasangan calon presiden dan wakil presiden.

"Nama ketua TKN (tim kampanye nasional) ini masih belum diumumkan oleh Jokowi," ujar Johny di Sekretariat Sekjen Parpol KIK, Menteng, Jakarta, Minggu (12/8/2018) malam.

Dia menambahkan, Wakil Ketua tim kampanye nasional ada lima orang, yakni Lodewijk Freiderich Paulus (Sekjen Partai Golkar), Johny G. Plate (Sekjen Partai NasDem), dan Arsul Sani (Sekjen PPP). Anggota berikutnya, Abdul Kadir Karding (Sekjen PKB), serta Hery Lontung Siregar (Sekjen Partai Hanura).

Sementara Sekretaris tim kampanye nasional, yaitu Hasto Kristiyanto (Sekjen PDIP), didampingi Wakil Sekretaris yakni, Ahmad Rofiq (Sekjen Partai Perindo), Raja Juli Antoni (Sekjen PSI), dan Verry Surya Hendrawan (Sekjen PKPI).

Posisi berikutnya, ada bendahara, diisi oleh Agus Gumiwang Kartasasmita (Wakil Ketua Umum Partai Golkar) didampingi beberapa nama dari parpol anggota KIK.

Di bawah ketua, sekretaris, dan bendara, ada Commend and Control Room (CCR) yang diisi oleh sembilan sekjen parpol koalisi anggota KIK. "CCR ini yang mengoordinasi operasional dan bertanggung jawab terhadap teknis pemenangan," ucapnya.

Di bawahnya, ada struktur tim ahli yang berisi pakar-pakar dari partai politik, serta konsultan yang berisi tokoh senior parpol. Di bawahnya lagi ada koordinariat wilayah, yakni menjadi koordinator pemenangan di masing-masing provinsi di Indonesia.

Kemudian, di bawah koordinator pemenangan, ada 11 direktorat yang akan mengoordinasi kegiatan-kegiatan teknis tim pemenagan. "Sebanyak 11 direktorat ini diisi oleh pengurus dari sembilan parpol anggota KIK," katanya.

Dia menuturkan, masih ada juru bicara sebanyak 225 orang yang merupakan gabuangan dari seluruh parpol anggota KIK. "Setiap parpol menyiapkan 25 orang juru bicara," tuturnya.


Editor : Kurnia Illahi